Ilustrasi ikan teri, salah satu ikan untuk mencerdaskan otak.(Shutterstock/Ramon L. Farinos)
Ilustrasi ikan teri, salah satu ikan untuk mencerdaskan otak.(Shutterstock/Ramon L. Farinos) ( KOMPAS.COM)

6 Untuk Pilihan Ikan Lokal Bisa Bantu Otak Cerdas, Murah, dan Mudah Dijumpai

25 Juni 2024 21:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ikan merupakan salah satu makanan yang membantu meningkatkan fungsi dan mencerdaskan otak karena mengandung asam lemak esensial omega 3.

Dua jenis omega 3, docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), berperan penting dalam meningkatkan fungsi dan perkembangan otak di semua tahap kehidupan.

Dilansir dari laman Healthline, beberapa penelitian telah menghubungkan asupan ikan oleh ibu hamil dengan skor tes kecerdasan lebih tinggi pada anak usia dini.

Asam lemak omega 3 turut memenuhi membran sel-sel otak, yang membantu menjaga kesehatan membran sel dan memfasilitasi komunikasi antar sel otak.

Minimnya asupan ikan kaya omega 3 juga berpotensi menyebabkan jumlah DHA pada otak menurun, sehingga mengalami defisit dalam pembelajaran dan memori.

Pada orang dewasa, kadar DHA lebih rendah dalam darah dikaitkan dengan ukuran otak lebih kecil, yang menjadi tanda percepatan penuaan otak.

Lantas, ikan lokal apa yang bisa mencerdaskan otak?

Ikan lokal yang bisa membantu otak cerdas

Sejumlah ikan lokal menawarkan omega 3 dalam jumlah melimpah, sehingga bisa menjadi pilihan jenis ikan untuk membantu mencerdaskan otak.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut pilihan ikan lokal untuk meningkatkan kecerdasan otak:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm