Rektor UBB, Prof. Ibrahim
Rektor UBB, Prof. Ibrahim ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Prof Ibrahim Berkomitmen UTBK SMMPTN-Barat 2024 di UBB Berjalan Transparan

28 Juni 2024 09:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Universitas Bangka Belitung (UBB) melaksanakan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN)-Barat Konsorsium Badan Kerjasama (BKS) PTN Barat, yang dimulai pada Kamis (27/6/2024).

Seleksi ini merupakan gabungan dari 25 PTN yang ada di Indonesia dan UBB merupakan salah satunya.

Ada sebanyak 757 calon mahasiswa baru tahun 2024 mengikuti Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SMMPTN- Barat Konsorsium BKS PTN Barat di UBB.

Dalam pelaksanaannya, di UBB sendiri akan dibagi kedalam 5 sesi dengan waktu penyelengaraan dimulai pada hari Kamis (27/06/24) dan akan berakhir pada tanggal 2 Juli nanti.

Terkait hal ini, Rektor UBB, Prof. Ibrahim menjelaskan, Jalur seleksi masuk PTN terbagi menjadi 3, meliputi, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

"Nah untuk jalur mandiri ini, di UBB sendiri terbagi atas beberapa sesi dan hanya bisa menampung 30 persen dari total mahasiswa yang kita terima tahun ini, dan sebagian besar kita terima dari sesi SMMPTN- Konsorsium BKS PTN Barat," terang Prof. Ibrahim kepada Sonora Bangka, Jumat (28/6/2024).

Prof. Ibrahim yang juga ikut meninjau langsung persiapan dan pelaksanaan UTBK SMMPTN-Barat 2024 ini berupaya memastikan semuanya berjalan lancar selama proses ujian.

"Saat ini sudah berjalan pada hari kedua, dan direncanakan akan berlangsung sampai tanggal 2 Juli 2024. Masih tersisa kuota sekitar 500 untuk jalur seleksi mandiri," jelas Prof. Ibrahim.

"Untuk Seleksi Mandiri ini, kemarin juga sudah berlangsung sesi Seleksi Jalur Talenta Unggul Daerah, dan saat ini SMMPTN-Konsorsium PTN Barat, dan nanti kuota yang tersisa, kita akan menjaringnya melalui seleksi dengan kompetisi hasil sertifikat UTBK masing-masing peserta," imbuhnya.

Prof. Ibrahim pun memastikan semua propes seleksi penerimaan calon mahasiswa baru di UBB ini berjalan dengan transparan dan proses yang berlangsung dengan berbasis komputer ini pasti terintegrasi dan auditable.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm