lustrasi menggoreng singkong.
lustrasi menggoreng singkong. ( Shutterstock/Jimmy Gunawan)

Berikut 4 Tips agar Minyak Goreng Tidak Cepat Hitam dan Keruh

11 Juli 2024 10:39 WIB

SonoraBangka.id -  Minyak goreng adalah salah satu bahan yang biasa ada di dapur. Sesuai namanya, minyak goreng penting untuk menggoreng. Apabila sering menggoreng, bisa jadi minyak goreng jadi cepat habis, terutama ketika warnanya makin menghitam Memanfaatkan minyak goreng lebih dari sekali pakai memerlukan beberapa cara agar minyak tetap jernih dan layak digunakan. 

1. Atur suhu api saat masak

Suhu api yang terlalu besar akan membuat minyak cepat panas dan berubah warna menjadi coklat hingga hitam. Polemik Utang Rafaksi Minyak Goreng Bisa Berujung ke Meja Hijau Artikel Kompas.id Menggoreng dengan minyak yang terlalu panas juga mengakibatkan makanan tidak matang merata, hanya bagian luar yang matang. Oleh karena itu, pastikan untuk mengatur api kompor pada suhu sedang.

2. Bersihkan sisa makanan di minyak goreng

Endapan sisa makanan yang tertinggal di minyak goreng dapat menurunkan kualitas minyak. Minyak akan berubah warna dan mudah berbau jika terdapat banyak partikel sisa makanan. Baca juga: Resep Tempe Bakar, Lauk Makan Tanpa Minyak Goreng Investasikan pada saringan besi yang tahan panas untuk menyaring minyak goreng dari sisa makanan tersebut.

3. Pisahkan minyak sesuai jenis makanan

Memisahkan minyak goreng bekas sesuai jenis makanan yang digoreng dapat membuat minyak tetap layak pakai.  Misalnya, pisahkan minyak untuk menggoreng ikan dan ikan asin dari minyak untuk menggoreng donat atau camilan manis.

4. Simpan minyak goreng dengan benar

Simpan minyak di tempat yang tidak terpapar cahaya atau sumber panas karena dua faktor ini dapat merusak kualitas minyak dan membuatnya cepat menghitam. Simpan minyak dalam wadah yang tertutup rapat di tempat yang gelap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips agar Minyak Goreng Tidak Cepat Hitam dan Keruh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/08/203100975/4-tips-agar-minyak-goreng-tidak-cepat-hitam-dan-keruh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm