Jenis minyak paling cocok untuk membuat sambal matah adalah minyak kelapa, minyak salad, dan minyak kelapa sawit.
Jenis minyak paling cocok untuk membuat sambal matah adalah minyak kelapa, minyak salad, dan minyak kelapa sawit. ( SHUTTERSTOCK/Yoz_Ardy)

Segar dan Pedas, Berikut Ini Cara Membuat Sambal Matah

14 Juli 2024 07:01 WIB

SonoraBangka.id -  Sambal matah termasuk sajian populer khas Bali. Terdapat beragam versi sambal matah, termasuk dari sisi penggunaan minyak kelapa. Untuk resep kali ini, yang dikutip dari buku "101 Resep Sambal Mak Nyuuuss!" karya Ara Rossi (2010) terbitan G-media, bahan yang digunakan adalah minyak jagung dan terasi. Setelah mencampurkan seluruh bahan, jang lupa tambahkan air perasan jeruk nipis agar semakin segar rasanya. Simak resep dan cara membuat sambal matah berikut ini.

Resep sambal matah

Bahan:

50 gr bawang merah (iris tipis)

20 gr bawang putih (iris tipis)

10 gr daun jeruk (iris tipis)

15 gr terasi

15 gr serai (pilih bagian dalam batang yang masih lunak, iris halus dan cincang)

10 gr garam

20 gr jeruk limau

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm