Ilustrasi pengendara mobil beli BBM Pertalite menggunakan QR Code di SPBU Pertamina(Dok. Pertamina)
Ilustrasi pengendara mobil beli BBM Pertalite menggunakan QR Code di SPBU Pertamina(Dok. Pertamina) ( KOMPAS.COM)

Pertamina Perluas Wilayah Wajib Penggunaan QR Code untuk Beli Pertalite

23 Juli 2024 21:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pertamina menggencarkan sosialisasi penggunaan QR Code sebagai salah satu instrumen untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite.

Perluasan wilayah penggunaan QR Code diklaim menjadi upaya untuk menciptakan penyaluran BBM bersubsidi yang tepat dan optimal.

Setelah diterapkan di 41 Kota/Kabupaten sejak Juli 2023, Pertamina Patra Niaga memperluas wilayah pendataan QR Code Pertalite untuk kendaraan roda 4 secara bertahap di berbagai wilayah di Indonesia.

Perluasan pendataan tahap 1 dimulai pertengahan Juli meliputi wilayah Jawa Madura Bali (Jamali) serta beberapa wilayah non Jamali yaitu Maluku, NTT, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari mengatakan, langkah pendataan pengguna Pertalite ini diambil sebagai upaya perusahaan untuk mencatat transaksi BBM penugasan secara lebih baik dan transparan.

Hal ini dilakukan mengingat adanya anggaran kompensasi yang diberikan Pemerintah untuk produk Pertalite.

“Perluasan wilayah ini dilakukan secara bertahap mulai di 190 kota/kabupaten wilayah Jamali dan sebagian Non Jamali,” ujar Heppy, dalam keterangan resmi (22/7/2024).

“Kemudian untuk provinsi lainnya atau sebanyak 283 kota/kabupaten lainnya akan menyusul di tahap berikutnya. Bagi kendaraan roda empat yang belum memiliki QR Code juga tetap akan dilayani, dan akan diarahkan untuk mendaftar di website Subsidi Tepat,” kata dia.

Sebagai informasi, hingga awal Juli 2024, Pertamina mencatat lebih dari 4,6 juta pengguna Pertalite sudah mendaftar QR Code.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Perluas Wilayah Wajib QR Code untuk Beli Pertalite", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/23/094200315/pertamina-perluas-wilayah-wajib-qr-code-untuk-beli-pertalite.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm