Ilustrasi ikan teri yang sedang digoreng.
Ilustrasi ikan teri yang sedang digoreng. ( SHUTTERSTOCK/ Santhosh Varghese)

Masakan Simpel tapi Bergizi, Berikut Cara Goreng Ikan Teri agar Renyah

24 Juli 2024 19:46 WIB

SonoraBangka.id - Meski ukurannya kecil, ikan teri ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Kompas.com, Selasa (23/7/2024), ikan ini mengandung omega 3 hingga kalsium, sehingga menyehatkan tubuh. Selain harga yang sangat terjangkau, ikan teri juga sering diolah sebagai bahan utama maupun bahan campuran dalam berbagai masakan. Namun, sering kali hasil gorengan ikan teri menjadi lembek, sehingga kurang kriuk-kriuk saat disantap. 

1. Cuci bersih ikan teri

Sebelum menggoreng, pastikan ikan teri yang dibeli dari pasar dicuci bersih terlebih dahulu. Pencucian ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada ikan. Disarankan menggunakan air matang untuk mencuci agar lebih aman dikonsumsi. Setelah mencuci, tiriskan ikan sampai benar-benar kering untuk menghindari percikan minyak yang berlebihan saat digoreng.

2. Menggoreng ikan teri

Gunakan metode deep fry untuk menggoreng ikan teri. Panaskan minyak dengan api sedang hingga benar-benar panas. Setelah minyak panas, masukkan ikan teri dan kecilkan api. Aduk terus ikan teri hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Ikan teri yang sudah matang akan mengeluarkan bunyi gemericik dalam wajan.

3. Saring sampai tiris

Setelah ikan teri matang, angkat dan saring menggunakan saringan untuk mengurangi minyak. Jika ingin ikan teri lebih kering dan tidak berminyak, letakkan tisu dapur di bawah saringan. Tisu dapur akan menyerap minyak berlebih dari ikan teri. Diamkan ikan teri hingga benar-benar dingin sebelum disimpan atau dimasak kembali. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, ikan teri goreng Anda akan menjadi lebih renyah dan nikmat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Goreng Ikan Teri agar Renyah, Masakan Simpel tapi Bergizi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/23/203100075/cara-goreng-ikan-teri-agar-renyah-masakan-simpel-tapi-bergizi.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm