Oto Journey 2024 with Toyota Yaris Cross Hybrid(KOMPAS.com)
Oto Journey 2024 with Toyota Yaris Cross Hybrid(KOMPAS.com) ( KOMPAS.COM)

Toyota Belum Perkenalkan Mobil Hybrid Murah, Perlu diberikan Insentif

24 Juli 2024 21:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota bisa dibilang salah satu merek yang lebih dulu jual mobil hybrid di Indonesia. Produknya saat ini sudah banyak buat hybrid dan plug-in hybrid, total ada sembilan mobil.

Varian hybrid paling murah yang ditawarkan Toyota adalah Yaris Cross Hybrid dengan harga Rp 440 jutaan. Memang bisa dibilang belum masuk harga yang terjangkau, namun Toyota menemui kendala jika mau perkenalkan hybrid dengan harga yang lebih kompetitif.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menginginkan hybrid bisa lebih menjangkau konsumen, termasuk harga yang lebih kompetitif.

"Tapi satu halangan adalah masalah insentif. Saya tidak bosan beri contoh, seperti di Yaris Cross di Thailand kalau harganya dikonversi ke Rupiah, itu Rp 300 jutaan kecil dengan insentif yang ada," kata Anton di GIIAS, Selasa (23/7/2024).

Memang Thailand bisa dijadikan contoh, memberi pajak yang rendah buat kendaraan dengan emisi yang rendah. Makanya harga mobil hybrid bisa lebih kompetitif, sehingga diterima oleh masyarakat.

"Pemerintah Thailand beri contoh kalau produk ini (hybrid) bisa memasyarakat. Cukup sukses, banyak merek lain yang luncurkan hybrid dengan harga kompetitf," kata Anton.

Bahkan kalau di Amerika atau Eropa, mobil hybrid merupakan hal yang umum, semua orang pakai dan sebagiannya pakai Battery EV (BEV). Anton berharap Indonesia juga menuju ke sana, seperti Thailand dulu.

"Kita butuh dukungan juga dari pemerintah untuk mengakselerasi pengenalan produk hybrid yang lebih kompetitif lagi, karena pasti ada biaya di situ. Mobilnya sama (ICE dan hybrid), tapi ada tambahan baterai dengan harga sekian," kata Anton.

Harapan Anton, insentif bisa diberikan ke kendaraan yang mengurangi emisi. Lalu diberi juga ke produk yang benar-benar sudah diproduksi di Indonesia, bukan yang impor.

"Produk dalam negeri seharusnya kita dukung karena itu berkontribusi langsung kepada ekonomi nasional," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Belum Perkenalkan Mobil Hybrid Murah, Perlu Insentif", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/24/094200115/toyota-belum-perkenalkan-mobil-hybrid-murah-perlu-insentif.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm