Ilustrasi coto makassar.
Ilustrasi coto makassar. ( DOK.SHUTTERSTOCK/yohanes_setiyanto)

Lengkap dengan Sambal Taoco, Berikut Cara Membuat Coto Makassar

28 Juli 2024 07:13 WIB

SonoraBangka.id - Pencinta jeroan bisa mencoba membuat coto makassar. Hidangan berkuah khas Makassar, Sulawesi Selatan, ini menggunakan beragam jenis jeroan sapi, antara lain hati, usus, limpa, jantung, dan babat. Dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (9/7/2023), biasanya coto makassar disantap bersama burasa atau ketupat. Jangan lupa pula sediakan sambal taoco agar semakin nikmat.  Berikut resep dan cara membuat coto makassar, dikutip dari buku "Seri Masak Femina - Dapur Utama: Hangat Berkuah 2" karya Tim Boga Femina (2019) terbitan PT Gaya Favorit Press. 

Resep coto makassar

Bahan:

3 sdm minyak (untuk menumis)

250 gr daging sapi has dalam (rebus, tiriskan, potong kotak-kotak ukuran 1 cm. Sisihkan air rebusannya untuk kaldu, tambahkan air

1 1/2 liter jika diperlukan)

250 gr hati sapi (rebus, tiriskan, potong kotak-kotak ukuran 1 cm)

250 gr usus sapi (rebus, tiriskan, potong kotak-kotak ukuran 1 cm)

250 gr limpa sapi (rebus, tiriskan, potong kotak-kotak ukuran 1 cm)

250 gr jantung sapi (rebus, tiriskan, potong kotak-kotak ukuran 1 cm)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm