Ilustrasi soto ayam yang masuk daftar sup terenak dunia menurut CNN.
Ilustrasi soto ayam yang masuk daftar sup terenak dunia menurut CNN. ( Shutterstock/Edgunn)

Kuahnya Gurih Pakai Taoco, Berikut Cara Buat Soto Pekalongan

1 Agustus 2024 06:45 WIB

SonoraBangka.id - Jika sedang melancong ke kawasan Pekalongan, jangan lewatkan untuk mencicipi soto di sana. Soto khas Pekalongan terkenal dengan kuahnya yang gurih dan segar. Rasa gurih ini tidak hanya diperoleh dari rasa bumbu, tetapi juga dari tambahan taoco. Sedangkan rasa segar kuah soto diperoleh dari sedikit perasan jeruk nipis.

Di Pekalongan, soto umumnya disantap dengan lontong, tapi kamu bisa pula menggantinya dengan nasi putih hangat. Baca juga: Resep Soto Daging Sapi, Sajikan dengan Lontong

Resep soto pekalongan

Bila belum sempat ke Pekalongan, kamu bisa coba bikin soto pekalongan sendiri di rumah. Resepnya bisa disimak dalam buku "Resep Aneka Masakan Soto" karya Tim Cita Rasa (2017) terbitan CV Pustaka Bengawan berikut.

Bahan soto pekalongan:

750 gram daging sandung lamur

3 sentimeter jahe (memarkan)

3 batang serai (memarkan)

3 lembar daun jeruk

3 sendok makan taoco manis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm