Cara menurunkan kolesterol.(Shutterstock/Lemau Studio)
Cara menurunkan kolesterol.(Shutterstock/Lemau Studio) ( KOMPAS.COM)

4 Tips Sederhana untuk Turunkan Kolesterol Jahat

1 Agustus 2024 19:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat, adalah kondisi di mana terdapat terlalu banyak lipid (lemak) dalam darah.

Tubuh membutuhkan jumlah lipid yang tepat untuk dapat berfungsi dengan baik. Memiliki terlalu banyak lipid membuat tubuh Anda tidak dapat menggunakan semuanya.

Lipid berlebih dapat menumpuk di arteri, kemudian bergabung dengan zat lain dalam darah Anda untuk membentuk plak (endapan lemak).

Plak ini mungkin tidak menimbulkan masalah pada awal terbentuk, tetapi seiring waktu, plak tersebut membesar di dalam arteri Anda.

Kalau tidak segera ditangani, kolesterol tinggi dapat berbahaya karena meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan stroke.

Cara menurunkan kolesterol

Anda dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dengan menjalani pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga.

Dikutip dari laman Layanan Kesehatan Nasional UK (NHS), berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menurunkan kolesterol:

1. Kurangi makan makanan berlemak

Kurangi konsumsi makanan berlemak, terutama yang mengandung jenis lemak jenuh. Anda dapat memilih makanan yang mengandung jenis lemak lebih sehat atau lemak tak jenuh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm