BPBD Bangka Tengah Tanam Mangrove
BPBD Bangka Tengah Tanam Mangrove ( Pemkab Bangka Tengah)

BPBD Bangka Tengah Tanam Mangrove Guna Cegah Abrasi di Pantai Terentang

7 Agustus 2024 14:26 WIB

SonoraBangka.id - Penanaman 1.000 bibit mangrove di sepanjang Pantai Terentang, Koba, Selasa (06/08/2024) dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah bersama BPBD Provinsi Bangka Belitung dan penggiat mangrove Bangka Tengah.

Penanaman mangrove ini bertujuan untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi dan mengembalikan habitat hutan mangrove yang ada di tanah air, khususnya di Bangka Tengah.

Kepala BPBD Bangka Tengah, Yudi Sabara, menyampaikan bahwa kegiatan kali ini merupakan tour menanam yang digagas oleh BPBD Provinsi, BPBD Bangka Tengah, dan juga Yazir yang merupakan penggiat mangrove di Munjang, Bangka Tengah.

"Untuk kegiatan hari ini kami juga melibatkan mahasiswa dari Universitas Pertiba yang kebetulan sedang KKN disini. Kegiatan seperti ini akan kami lakukan setiap bulan dan kami juga akan mengundang BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk ikut serta karena mereka juga ingin sekali bisa berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini," terang Yudi.

Lebih lanjut Yudi mengatakan bahwa kegiatan serupa sudah pernah dilakukan di Pantai Penyak, sepanjang Pantai Terentang, dan rencana akan dilanjutkan di Pantai Arung Dalam dan juga di Batu Beriga.

Sementara itu Yazir, penggiat mangrove Kabupaten Bangka Tengah mengajak agar proses pelestarian alam ini tidak hanya dilakukan di awal fase penanaman semata, tetapi dilanjutkan dengan perawatan demi hasil yang maksimal.

Diungkapkan Yazir bahwa yang terpenting setelah ditanam dilakukan perawatan, dipantau, dan dirawat, sehingga betul-betul semuanya hidup.

Jangan hidupnya hanya ketika ditanam tapi kemudian mati. Semuanya harus dirawat dan dipelihara.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/cegah-abrasi-di-pantai-terentang-bpbd-bangka-tengah-tanam-mangrove

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm