Tuas transmisi mobil jenis e-shifter di Ford Everest Titanium(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Tuas transmisi mobil jenis e-shifter di Ford Everest Titanium(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Kesalahan dari Pengguna Mobil Matik yang Bisa Merusak Transmisi

21 Agustus 2024 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengemudikan mobil dengan transmisi matik seringkali dianggap lebih mudah dibandingkan mobil manual, karena pengemudi hanya perlu fokus pada pedal gas dan rem tanpa repot menginjak kopling saat pindah gigi.

Tapi, kemudahan ini bukan berarti pengemudi bisa sembarangan dalam mengoperasikan tuas transmisi matik.

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik bengkel spesialis Worner Matic mengatakan, ketika mengemudikan mobil matik tidak boleh kasar dan harus dengan perasaan.

Mobil matik memiliki tuas gigi transmisi yang dapat disesuaikan dengan kondisi berkendara. Seperti saat berjalan lurus, mundur, berjalan di tanjakan atau turunan, dan ada juga untuk parkir.

Hermas mengatakan, ketika akan menggeser tuas transmisi pengemudi jangan memindahkannya dengan cepat.

“Misal saat akan parkir, mobil hendak maju ataupun mundur, dalam posisi belum berhenti tapi tuas transmisi sudah digeser,” kata Hermas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kebiasaan ini merupakan kesalahan yang bisa membuat komponen transmisi mobil matik rusak atau jebol.

“Bisa rontok komponennya, jadi sebelum menggeser tuas transmisi pastikan posisi mobil harus benar-benar berhenti dulu baru geser,” katanya.

Selain itu, saat akan berjalan atau berakselerasi jangan lakukan dengan cepat sesaat setelah tuas transmisi pindah ke posisi D.

“Saat baru transmisi baru digeser, jangan langsung berakselerasi. Masih perlu sedikit waktu agar presisi,” kata Hermas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesalahan Pengguna Mobil Matik yang Bisa Merusak Transmisi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/21/091200215/kesalahan-pengguna-mobil-matik-yang-bisa-merusak-transmisi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm