Ilustrasi makanan pedas
Ilustrasi makanan pedas ( (instagram.com/@kulinerkotajakarta))

Bahaya Jika Sering Makan Pedas, Ini Cara yang Bisa Dilakukan

28 Agustus 2024 21:43 WIB

SonoraBangka.id - Makanan pedas kian digemari, bahkan kini banyak tempat makan yang menawarkan menu makanan dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

Dokter Umum Sun Clinic sekaligus Kepala Puskesmas Petaling, dr. Nanky Probo Ayu P.S menjelaskan makanan pedas dapat memiliki efek baik dan buruk bagi kesehatan

Kata dia, rasa pedas sebenarnya juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh , seperti memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, serta mengandung sumber vitamin A, B, C dan E.

Akan tetapi jika makanan pedas dikonsumsi secara berlebihan dengan tingkat kepedasan yang tinggi justru akan berbahaya bagi kesehatan.

“Kalau sensasi ini dikonsumsi secara pas, makanan pedas dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan pedas justru bisa berbahaya untuk tubuh,” ucap dr.Nanky, Selasa (30/7/2024).

Meskipun ada beberapa bahaya yang terkait dengan makanan pedas, konsumsi dalam jumlah yang wajar biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan serius bagi mayoritas orang

Berikut beberapa bahaya yang dapat timbul akibat mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan:

1. Iritasi Lambung 

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung pada beberapa orang, terutama bagi yang memiliki masalah lambung seperti tukak lambung atau gastritis.

Cara Menghilangkan Papiloma secara Alamiah

2. Reaksi Alergi 

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap makanan pedas, yang dapat menyebabkan gejala seperti ruam kulit, gatal-gatal, atau bahkan sesak napas.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm