Ilustrasi telur rebus.
Ilustrasi telur rebus. ( PIXABAY/TAMANNA RUMEE)

Berikut ini 5 Cara Rebus Telur agar Mudah Dikupas dan Bentuknya Cantik

3 September 2024 07:53 WIB

SonoraBangka.id - Telus rebus pada dasarnya ialah hidangan yang mudah dibuat, karena kamu cukup merebusnya di dalam air mendidih hingga matang. Namun kerap kali yang menjadi persoalan adalah cangkang telur lengket pada bagian putih telur, sehingga sulit dikupas dan berujung permukaan telur rebus menjadi tidak mulus. Supaya menghindari hal tersebut, cara merebus telur dari laman Bon Appetite berikut bisa kamu coba di rumah. 

1. Jangan pilih telur yang masih baru

Cangkang telur yang masih segar atau baru keluar dari peternakan cenderung lengket ketika direbus dibanding telur yang sudah disimpan beberapa hari. Maka dari itu sebaiknya pakailah telur yang masih ada di kulkas terlebih dahulu supaya lebih mudah dibuka.

2. Masukkan telur saat air mendidih

Masukkan telur ke dalam air yang sudah mendidih, jangan memasukkan telur ke dalam air yang masih dingin. Memasukkan telur ketika air sudah mendidih dapat mempermudah perhitungan waktu merebus yang lebih akurat.  Selain itu penting juga untuk memastikan telur terendam sempurna supaya telur matang merata.

3. Atur waktu merebus telur

Pasang pengatur waktu supaya hasil rebusan telur bisa matang sesuai keinginan. Lama waktu merebus telur tergantung pada tingkat kematangan yang diinginkan. Bila ingin mendapatkan hasil telur rebus yang lembek, kuning telur yang padat namun lengket, dano putih telur yang sudah mengeras, bisa pasang waktu memasak selama tujuh menit. Sementara untuk hasil telur yang matang bisa pasang waktu merebus sekitar 10 menit.

4. Rendam telur dalam air es

Setelah telur direbus, rendam telur di dalam mangkuk berisi air es. Biarkan telur terendam sekitar dua sampai tiga menit di dalam air sampai cangkangnya dingin, setelah itu kupas cangkang telur seperti biasa. 

5. Kupas cangkang telur di bawah air mengalir Pecahkan cangkang telur pada bagian lonjong yang menyimpan kantung udara di dalam air. Kupas cangkang telur di bawah air mengalir supaya lebih memudahkan untuk melepas cangkang dari putih telur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Rebus Telur agar Mudah Dikupas dan Bentuknya Cantik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/01/081200675/5-cara-rebus-telur-agar-mudah-dikupas-dan-bentuknya-cantik.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm