Maulis Nabi Muhammad SAW
Maulis Nabi Muhammad SAW ( Tribunnews)

Keunikan Perayaan kelahiran Nabi, Ini Beragam Tradisi Maulid Nabi Muhammad di Indonesia

10 September 2024 10:37 WIB

SonoraBangka.id - Tanggal 16 September 2024, yang jatuh pada hari Senin, ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk menghormati peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad, merupakan momen istimewa yang dirayakan umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Di negeri dengan keragaman budaya dan tradisi yang kaya ini, setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam merayakan Maulid Nabi.

Ritual dan upacara yang dilaksanakan tidak hanya sebagai wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad, tetapi juga mencerminkan warisan budaya yang sudah turun temurun.

Berikut adalah beberapa tradisi Maulid Nabi di berbagai daerah di Indonesia yang unik dan penuh makna:

1. Grebeg Maulud - Yogyakarta

Tradisi Grebeg Maulud di Yogyakarta sudah berlangsung sejak zaman Kesultanan Mataram dan masih dipertahankan hingga kini.

Dalam perayaan ini, Keraton Yogyakarta menggelar prosesi besar-besaran dengan membawa gunungan, yaitu tumpukan makanan berupa hasil bumi seperti sayuran, buah, dan kue, yang diarak dari Keraton menuju Masjid Gede Kauman.

 

Gunungan ini kemudian diperebutkan oleh masyarakat karena dipercaya membawa berkah.

Grebeg Maulud menggambarkan perpaduan antara tradisi Islam dan budaya Jawa yang masih hidup dan dihormati oleh masyarakat.

Sumberwww.kabarbumn.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm