Sikat gigi biasa dan elektrik
Sikat gigi biasa dan elektrik ( Nataly Studio/shutterstock)

Mana Yang Lebih Baik Antara Sikat Gigi Manual Vs Sikat Gigi Elektrik ?

16 Agustus 2020 17:51 WIB

SonoraBangka.idMenyikat gigi merupakan rutinitas yang dilakukan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.

Mengingat frekuensi menyikat gigi yang dianjurkan – minimal dua kali sehari – tentu sebaiknya kita tidak sembarangan dalam memilih sikat gigi. 

Nah, bagi sebagian orang, menyikat gigi secara manual adalah cara terbaik untuk membersihkan gigi.

Padahal belum tentu, apalagi jika kita tak menerapkan teknik menyikat gigi dengan benar.

Menurut dokter gigi Sam Koo, seorang ahli bedah gigi di Klinik Elias Mall Q&M Dental Group, Singapura, sikat gigi elektrik kemungkinan lebih efektif membersihkan gigi.

"Studi klinis telah menunjukkan, bahwa dibandingkan dengan sikat gigi manual, sikat gigi elektrik bekerja lebih baik dalam menghilangkan plak dan dengan demikian menurunkan risiko penyakit gusi."

Dr Koo mengatakan bahwa sikat gigi elektrik mengurangi tingkat teknik yang diperlukan untuk menyikat gigi secara efisien, karena kamu hanya perlu tahu di mana harus meletakkannya dan untuk berapa lama.

Dan tidak hanya itu, sikat gigi elektrik juga dapat mencegah kita menyikat gigi terlalu keras.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm