Ilustrasi Kerka Telur
Ilustrasi Kerka Telur ( KOMPAS.COM/gaby bunga saputra)

7 Aneka Olahan Telur Yang Terkenal Dan Sering Dijumpai Di Indonesia

13 September 2020 15:43 WIB

SonoraBangka.id - Kerap menjadi andalan saat memasak makanan, telur memang  kaya protein. Berbagai negara mengolah telur menjadi aneka hidangan. Di Indonesia sendiri, banyak dijumpai aneka olahan telur. Mulai dari digoreng, direbus, dipindang, baik telur ayam, telur bebek, sampai telur puyuh. Kompas.com telah merangkum 7 aneka olahan telur dari Indonesia yang terkenal.

Telur Dadar

Telur yang menjadi masakan andalan banyak orang ini, dikreasikan dengan beragam cara. Telur akan dikocok terlebih dahulu lalu digoreng. Terkadang ada juga yang memasaknya dengan campuran daun bawang dan juga irisan cabe. Sejumlah negara juga memiliki masakan telur dadar yang berbeda-beda.

Telur Pindang

Hidangan telur ini bisa ditemui sebagai pendamping dari masakan khas Yogyakarta, yakni Gudeg. Telur rebus berwarna coklat ini memiliki beragam jenis, ada yang dengan kuah dan juga disajikan kering (tanpa kuah). Hidangan ini biasanya disajikan saat Lebaran.

Telur Gulung

Kamu yang doyan aneka jajanan, pasti mengetahui makanan satu ini. Telur yang digoreng dalam genangan minyak, lalu digulung dengan stik sate. Sate gulung biasa disajikan dengan saus khas berwarna merah. Telur gulung juga disajikan dengan beragam, ada yang dimasak dengan bihun dan juga polos (hanya telur). Pada tahun 1990-an jajanan ini sudah ada. Namun belakangan, telur gulung kembali populer dan menjadi jajanan favorit.

Sate Telur Puyuh

Telur berukuran kecil ini bisa ditemukan dalam bentuk sate. Biasanya sate telur puyuh menjadi makanan pendamping soto atau bubur.

Kerak Telur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm