Ilustrasi bagel.
Ilustrasi bagel. ( Dok. Shutterstock/ littlenySTOCK)

Resep Bagel, Roti Dari Polandia Mirip Donat Teman Untuk Minum Kopi

8 Oktober 2020 06:33 WIB

SonoraBangka.id - Roti dari Polandia yang bentuknya miripi donat adalah Bagel. Roti bagel cocok dijadikan sebagai teman minum kopi. Kamu bisa juga menambahkan olesan selai di atas bagel. Cara membuat bagel sangat berbeda dengan donat, adonan bagel direbus dulu sebelum dipanggang. Adonan bagel yang direbus menghasilkan tekstur lembut bagian dalamnya meski tekstur asli bagel adalah keras. Berikut ini resep bagel sederhana ala rumahan dari Taste of Home.

Resep bagel

Bahan:

  • 1 sendok teh ragi kering aktif
  • 1 1/4 cangkir (312,5 ml) susu hangat
  • 1/2 cangkir (115 gr) mentega, lunakkan
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir kuning telur
  • 3 3/4 (415 gr) hingga 4 1/4 cangkir (470 gr) tepung serbaguna
  • Biji wijen atau poppy, opsional

Cara membuat roti bagel

  1. Dalam mangkuk besar, larutkan ragi dan susu hangat. Tambahkan mentega, gula, garam dan kuning telur, campur rata. Campurkan ke dalam tepung, aduk sampai membentuk adonan yang lembut.
  2. Uleni adonan hingga halus dan elastis, sekitar 6-8 menit. Tempatkan dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak. Tutup dan biarkan di tempat yang hangat hingga mengembang dua kali lipat. Diamkan sekitar 1 jam.
  3. Kempeskan adonan yang mengembang. Bentuk menjadi 12 bola. Lubangi bagian tengah tiap bola adonan dengan ibu jari. Regangkan dan bentuk adonan hingga membentuk cincin yang rata. Tempatkan di atas permukaan bertepung. Tutup dan biarkan istirahat selama 10 menit. Ratakan bagel sedikit.
  4. Isi Dutch Oven dengan air sebanyak dua per tiga, didihkan. Masukkan bagel, dua buah sekaligus, ke dalam air mendidih. Masak selama 45 detik; balik dan masak 45 detik lebih lama. Angkat dan; tiriskan di atas handuk kertas. Waktu merebus bagel jangan terlalu lama agar bagel bisa tetap mengembang saat dipanggang. Merebus bagel juga dapat membuat tekstur bagel lebih kenyal.
  5. Taburi dengan wijen atau biji poppy. Jika kurang melekat, kamu bisa mengoleskan putih telur ke bagel sebelum diberi taburan. Kemudian letakkan di atas loyang yang sudah diolesi minyak. Panggang pada suhu 205 derajat celsius selama 20-25 menit atau sampai berwarna coklat keemasan. Angkat dan dinginkan di rak kawat. Jika ingin membuat bagel dalam jumlah banyak sebagai persediaan camilan di rumah, kamu bisa membuat bagel menjadi adonan setengah jadi. Buat adonan bagel sampai tahap ketiga, kemudian bekukan di kulkas. Rebus dahulu adonan bagel beku baru dipanggang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bagel Simple buat Teman Minum Kopi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/04/080800975/resep-bagel-simple-buat-teman-minum-kopi?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm