Raisa
Raisa ( KOMPAS.com)

Perempuan di Industri Musik dari Kacamata Raisa

22 Oktober 2020 15:31 WIB

SonoraBangka.ID - Federasi Serikat Musik Indonesia (FESMI) menggelar Diskusi Industri Musik dan Musisi (Diksi) pada hari Rabu (21/10/2020).

Pada episode keempat ini tema yang diangkat adalah Wanita di Industri Musik Tanah Air: Antara Berkeluarga dan Mengejar Cita-cita.

Penyanyi Raisa Andriana dan membagikan pandangannya terhadap bagaimana karier  perempuan di tengah industri musik Indonesia.

1. Sulitnya perempuan yang bekerja di industri musik

Raisa mengatakan menjadi perempuan yang berkarier di industri musik bukan pekerjaan yang mudah.

Ada banyak hal yang harus dikompromikan, terutama soal penampilan.

Perempuan selalu dituntut untuk berpenampilan seperti yang industri inginkan, bukan seperti apa yang mereka mau.

"Tapi ya itu dia yang harus terus diperjuangkan semua cewek saat masuk industri musik. Mereka harus menormalisasi untuk bilang enggak mau untuk sesuatu yang tentang fisik, eksploitasi, kita say no it's okay," kata Raisa.

2. Melawan ekspektasi

Ekspektasi tinggi selalu menjadi masalah bagi perempuan yang berkarier di dunia musik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm