Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil (http://www.jupitergaragesheffield.co.uk)
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil (http://www.jupitergaragesheffield.co.uk) ( kompas.com)

Mitos atau Fakta, Mobil Tahun Tua atau Jadul Tak Cocok Pakai Oli Sintetis?

23 Oktober 2020 22:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Memang Perkembangan teknologi pada mesin kendaraan bermotor tiap tahun berbanding lurus terhadap pola dan metode perawatannya, termasuk dalam pergantian pelumas alias oli.

Perubahan ini pula yang mengakibatkan banyaknya produk pelumas di pasaran karena selalu menyesuaikan dengan kebutuhan teknologi pada kendaraan terkait supaya mendapatkan hasil optimal.

Seiring dengan hal tersebut, muncul anggapan bahwa menggunakan oli berspesifikasi tinggi khususnya sintesis terhadap mobil tahun tua atau jadul punya manfaat tersendiri. Apa Benar demikian?

Bambang Supriyadi sebagai Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  mengatakan, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Karena, penggunaan oli yang tak cocok bisa membuat kerja mesin jadi terkendala dan filter oli cepat kotor.

"Untuk mobil produksi lama, karena ukuran kerapatan antara seher dan rumahnya tidak begitu rapat dibandingkan mobil terkini, pelumas yang cocok biasanya berbahan mineral. Kalau dipaksakan, akan terjadi loss," ujar dia saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Hal yang sama juga dikatakan pemilik bengkel mobil Star Racing Kebon Jeruk, Widodo. Menurut dia, pemakaian oli mineral pada mobil tua mampu menempel di dinding mesin dibandingkan oli sintesis.

"Benar. Kalau mobil lama pakai oli baru, pasti loss karena ukuran lubangnya besar. Jadi, pelumasnya harus berbahan mineral," katanya.

Kalau mobil lama dipaksakan memakai pelumas berbahan sintetis, lanjut Widodo, kandungan mineral yang menempel di dinding akan luntur sehingga memengaruhi kinerja mesin.

" Oli sintetik yang bening dan non-sulfur, karena sifatnya membersihkan mesin, itu justru akan membuat mineral itu luntur. Nanti pengaruh ke mesin," kata Widodo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil Lawas Tak Cocok Pakai Oli Sintetis?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/23/122200015/mitos-atau-fakta-mobil-lawas-tak-cocok-pakai-oli-sintetis-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm