Kawasan kelurahan Opas Indah yang dibangun guna menciptakan kawasan tidak kumuh, Senin (26/10/2020).
Kawasan kelurahan Opas Indah yang dibangun guna menciptakan kawasan tidak kumuh, Senin (26/10/2020). ( Bangkapos.com/Rizky Iriana Pahlevy)

Berkat Program Kotaku, Kelurahan Opas Indah Kini Tak Jadi Kawasan Kumuh Lagi

27 Oktober 2020 10:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Sampah yang berserakan di sepanjang aliran Sungai Rangkui, dulunya membuat sebagian kawasan di Kelurahan Opas Indah Kota Pangkalpinang, tampak terlihat kumuh.

Bukan hanya sampah, sebagian warga yang tak memiliki septi tank dan membuang kotorannya langsung ke sungai juga menyebabkan kawasan tersebut tampak kumuh.

Namun, lain halnya dengan sekarang, karena wajah kumuh di Kelurahan Opas Indah kini mulai menghilang, usai Program Kotaku membuat beberapa langkah guna merubah kawasan kumuh menjadi kawasan tidak kumuh.

Hal ini pun diutarakan Lurah Opas Indah, Juni saat mengungkapkan berbagai upaya yang telah dilakukan guna menciptakan kawasan tidak kumuh.

"Program Kotaku langsung dari program Kementrian PUPR dan Kotaku Bangka Belitung, jadi mereka mempunyai penataan skala kawasan di Kelurahan Opas Indah jadi yang menjadi target itu jalan inspeksi sepanjang 850 meter, terus juga ada membuat sanitasi untuk warga," ungkap Juni, Senin (26/10/2020) dikutip dari Bangkapos.com.

Terkait sanitasi, sebanyak 70 kepala keluarga dikatakannya akan mendapatkan fasilitas, terutama kepada masyarakat yang tak memiliki septi tank.

"Kota kumuh itu bisa dilihat dari pembuangan limbah, jadi sebenarnya mereka membuang air besar sembarangan, terus juga banyak yang membuang sampah di aliran sungai. Sebelumnya gak ada wc makanya dengan ada program kotaku sudah dibikin Septi rank komunal yang bisa menampung 70 kepala keluarga dan ini efektif," tuturnya.

Selain itu, Kelurahan Opas Indah, juga menerima bantuan berupa dua unit sepeda motor pengangkut sampah, sebagai kendaraan operasional guna menciptakan kawasan tidak kumuh.

"Sampah sekarang kita sudah ada bantuan dari program Kotaku yaitu motor sampah, terus dari Pemkot Pangkalpinang ada mobil satgas dua unit. Jadi saat ini permasalahan sampah udah gak ada lagi, kendaraan itu akan kita jalankan sebagaimana mestinya agar masalah sampah dapat teratasi," jelas Juni.

Dengan berbagai upaya dari pemerintah, Juni berharap masyarakat terutama Rt 01 hingga Rt 04 Kelurahan Opas Indah dapat menjaga kawasan agar tak lagi dikenal sebagai kawasan kumuh.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Program Kotaku Ubah Kelurahan Opas Indah Tak Lagi Jadi Kawasan Kumuh

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm