Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Perlunya “ Me Time “ Di Tengah Pademi. Ini Tips Untuk Menikmatinya

4 November 2020 14:11 WIB

SonoraBangka.id - Hal yang sangat penting bagi kita untuk meluangkan waktu sendiri atau me time , apalagi ketika stres melanda, di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

Walaupun saat ini tidak memungkinkan untuk pergi ke spa, perpustakaan, atau gym, bukan berarti kita jadi melupakan waktu sendiri.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menikmati momen berkualitas bersama diri sendiri.

1. Mulailah hari dengan bersyukur

Banyak sekali orang yang memulai hari dengan langsung berkutat pada kesibukan rutin, tanpa mengucapkan rasa syukur atas hari baru yang masih bisa dirasakan.

Padahal, bersyukur memiliki manfaat yang baik bagi peningkatan energi, peningkatan harga diri, peningkatan kecerdasan, sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan kesehatan mental.

Kita juga dapat mengucap syukur dengan berbagai cara.

Misalnya, saat masih berada di tempat tidur, atau dengan melakukan gerakan yoga yang menenangkan jiwa dan pikiran dalam beberapa menit.

2. Belanja online

Ternyata, berbelanja dapat meningkatkan dopamin (zat kimia di dalam otak) yang terkait dengan perasaan senang dan puas.

Meluangkan waktu sendiri dengan melihat-lihat toko online yang kita suka akan cukup menenangkan, tentunya setelah kita menyelesaikan segudang pekerjaan.

Diungkapkan oleh seorang psikolog keluarga, Barbara Greenberg, PhD, bahwa itu adalah trik sangat bagus yang dapat kita gunakan untuk me time.

"Kita semua membutuhkan waktu sendiri sebagai cara untuk mengisi ulang. Tanpa itu, kita berisiko terkuras, kelelahan, depresi, atau sakit fisik," sambung dia.

Waktu sendiri tidak hanya baik untuk kesejahteraan diri secara pribadi, tetapi juga bagi orang orang di sekitar, mengingat suasana hati yang bisa menular.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm