SonoraBangka.id - Dampak pandemi Covid-19 dirasakan semua lapisan masyarakat diberbagai belahan dunia.
Tak hanya itu, pandemi Covid-19 ini juga membuat bisnis berbagai industri tiarap, tak terkecuali industri barang mewah.
Konsultan manajemen yang berkantor pusat di Boston, AS, Bain & Company, baru-baru ini merilis laporan terbaru berjudul "Bain & Company Luxury Study 2020 Spring Update."
Diterbitkan dalam kemitraan dengan Altagamma, sebuah yayasan yang mewakili produsen barang mewah Italia, laporan ini menggambarkan efek jangka panjang dari pandemi virus corona yang sedang berlangsung.
Sementara itu, korporasi besar serta pengecer barang mewah sama-sama telah mendapat efek dari penyebaran global virus ini karena pembelian barang fashion dianggap bukan kebutuhan yang penting di masa pandemi.
Dierkirakan Bain, bahwa penjualan barang mewah merosot 25 persen pada kuartal pertama 2020 dan akan terus menurun pada akhir tahun sebanyak 35 persen lebih rendah dari tahun 2019.
Studi ini memprediksi, penjualan akhir tahun akan berada di kisaran 195 miliar hingga 239 miliar dollar AS.
Dikatakan Claudia D'Arpizio, salah satu mitra Bain dan penulis utama studi tersebut, bahwa akan ada pemulihan untuk pasar barang mewah tetapi industri akan berubah secara mendalam.
"Krisis virus corona akan memaksa industri berpikir lebih kreatif dan berinovasi lebih cepat untuk memenuhi sejumlah permintaan konsumen baru dan kendala saluran."
Kebijakan lockdown memengaruhi sektor pariwisata, salah satu faktor utama dalam penjualan barang mewah, meskipun awal tahun ini ada penjualan yang kuat di China, Eropa, dan AS.
Nah, hal ini menyurutkan ekspektasi positif di awal tahun 2020, dan juga berlaku untuk merek sportswear.
Selain itu, Bain & Company memperkirakan tingkat penjualan 2019 tidak akan tercapai hingga 2022 atau bahkan 2023.
Baru setelah itu pertumbuhan akan berlanjut secara bertahap.
Salah satu elemen yang sangat diyakini Bain adalah kebutuhan konsumen China akan barang-barang mewah.
Studi ini menyebut, ekspektasi didasarkan pada sejumlah faktor, mulai kemampuan merek untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen, tren ekonomi, pariwisata dan banyak lagi.
Selain itu, mereka juga memperkirakan, hampir 50 persen pembelian barang mewah baru akan terjadi pada tahun 2025, naik dari 35 persen pada tahun 2019.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Industri Barang Mewah Diprediksi Baru Pulih Tahun 2023", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/13/114234320/industri-barang-mewah-diprediksi-baru-pulih-tahun-2023.