Siswa SDN 2 Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jaawa Timur, belajar musik tradisional angklung gamelan di halaman sekolahnya, Kamis (8/2/2018).
Siswa SDN 2 Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jaawa Timur, belajar musik tradisional angklung gamelan di halaman sekolahnya, Kamis (8/2/2018). ( KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI)

Rasa Percaya Diri Dan Disiplin Anak Bisa Dibangun Dengan Belajar Musik Sejak Dini

18 November 2020 17:08 WIB

SonoraBangka.id - Musik memiliki banyak manfaat bagi manusia. Mendengar musik adalah sejenis hiburan.

Hanya dengan mendengarkan musik, manusia bisa merasakan beragam emosi, sedih, ceria, bersemangat dan merasa jatuh cinta.

Sementara itu, bunyi-bunyian yang membentuk nada ini juga bisa disebut sebagai salah satu terapi terbaik untuk relaksasi.

Khusus untuk anak-anak, memainkan alat musik bisa menghibur sekaligus memberikan otak stimulasi.

Belajar dan menjelajahi dunia musik sejak usia dini akan lebih bermanfaat.

Berikut adalah beberapa manfaat potensial mengapa anak harus belajar memainkan alat musik sejak dini.

1. Mempertajam memori

Anak harus banyak berlatih untuk mempertajam ingatan mereka. Sebab, memori adalah blok dasar untuk mempelajari sesuatu. 

Saat belajar memainkan alat musik apa pun itu, kemampuan memorinya ikut terasah.

Ketika anak mempelajari teori dan mengimplementasikannya pada instrumen, proses tersebut secara alami akan memaksa anak untuk menghafal dengan lebih baik.

Belajar bermain alat musik tak hanya tentang belajar instrumen, namun juga melatih otak anak dan menstimulasi daya ingatnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm