PLT Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi
PLT Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi ( SonoraBangka.id / edwin)

Rapat Banggar DPRD Babel Bahas Finalisasi RAPBD 2021 dan Usulan Pinjaman Daerah

19 November 2020 19:52 WIB

SonoraBangka.id - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat finalisasi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2021 di ruang badan anggaran (Banggar) DPRD Babel, Kamis (19/11/20).

Plt Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi mengatakan sebelum rapat Banggar, tim mendengarkan laporan dari tiap komisi pada saat rapat koordinasi bersama para OPD terkait.

"Dalam rapat anggaran tersebut berjalan kondusif dan hasilnya dapat dipahami bersama, dan dari seluruh usulan komisi-komisi itu ada pengurangan, ada penambahan anggaran dan ada juga yang bersifat hukuman penalti, contohnya, saya sampaikan, untuk Dinas Kehutanan dipotong Rp 2 miliar sebagai hukuman dikarenakan mereka tidak menghadiri sama sekali rapat dengan komisi II, sudah kita putuskan itu dan ini menjadi pembelajaran bagi OPD lainnya," tegas Amri.

Ketua DPW PPP Babel ini juga menyampaikan untuk tahapan-tahapan selanjutnya, diserahkan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk mencari solusi dalam menutupi defisit anggaran.

"Apakah penambahan pagu anggaran atau kah kita melakukan pergeseran-pergeseran anggaran. Yang penting kita berharap, anggaran yang kita sahkan itu nantinya adalah anggaran yang paling prioritas," jelasnya.

Dalam rapat banggar tersebut, terjadi perdebatan yang panjang terkait rencana pinjaman daerah yang diinisiasi oleh pihak eksekutif.

"Ya sempat ada perdebatan soal pinjaman,namun akhirnya teman-teman memahami, bahwa pinjaman daerah itu bukanlah sesuatu hal yang tabu, dan ini mengacu kepada kebijakan pusat,
melalui dua pola, yakni, melalui pola atau program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dana pinjamannya digelontorkan oleh pemerintah pusat dalam rangka memulihkan ekonomi imbas dari pandemi Covid-19,"tuturnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm