Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK )

Apa Alasan 22 Desember Diperingati Sebagai Hari Ibu ? Ini Sejarahnya

22 Desember 2020 08:29 WIB

SonoraBangka.id - Hari ini, 22 Desember 2020, merupakan peringatan Hari Ibu di Indonesia.

Nah, setiap tahun momen Hari Ibu 22 Desember ini selalu diperingati.

Menurut Dr. Mutiah Amini, M. Hum, Dosen Departemen Sejarah Universitas Gadjah Mada, sejarah peringatan Hari Ibu bermula dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia III pada 22-27 Juli 1938 di Bandung.

Salah satu hasil dari kongres tersebut adalah peringatan Hari Ibu pada setiap 22 Desember.

Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928.

Dengan dilatarbelakangi oleh kesamaan pandangan untuk mengubah nasib perempuan di Indonesia, kongres perempuan ini dilaksanakan pada 22 Desember 1928.

Saat itu, organisasi perempuan dari Sumatera dan Jawa berkumpul untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan menyatukan gagasannya di Dalem Jayadipuran, Yogyakarta.

Mengutip Susan Blackburn dalam buku Kongres Perempuan Pertama: Tinjauan Ulang, tokoh-tokoh penting di balik Kongres Perempuan I adalah Soejatin, Nyi Hadjar Dewantoro, dan R.A. Soekonto. 

Mereka ingin membangun kesadaran bagi kaum perempuan di Indonesia untuk memperjuangkan hak-haknya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm