Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online ( Dok. Shutterstock )

4 Tanda Pemasukan Tak Bisa Imbangi Gaya Hidup, Salah Satunya Utang Kartu Kredit

29 Desember 2020 11:24 WIB

SonoraBangka.id - Bertahan dengan gaya hidup konsumtif yang notabene tidak sesuai kemampuan dapat membuat kita frustasi, serta berdampak jangka panjang pada tujuan hidup.

Tidak sedikit orang tahu cara bekerja keras agar pemasukan meningkat, tapi tidak banyak juga yang mampu mengatur keuangannya agar tidak terseret gaya hidup berlebihan.

Berikut ini ada empat tanda yang menandakan gaya hidup kita sudah terlalu berlebihan dan harus diwaspadai, seperti dilansir Business Insider:

1. Pengeluarkan tidak didasari anggaran

Dengan adanya anggaran, kita mengetahui berapa uang yang perlu disimpan, dibelanjakan, dan diinvestasikan setiap bulannya.

Jadi, dengan merencanakan anggaran, penting halnya agar kita dapat menabung.

Jika tidak mengetahui berapa banyak uang yang tersisa untuk dibelanjakan atau disimpan, artinya pengeluaran lebih tinggi dari kemampuan kita.

Buat anggaran sederhana untuk mengetahui berapa banyak uang yang harus dikeluarkan setiap harinya.

Menurut penasihat keuangan Holly Morphew, menghitung "tarif harian" membuat kita dapat menguraikan berapa banyak uang yang bisa dibelanjakan per hari, berdasarkan pendapatan dan pengeluaran.

Untuk menguraikan anggaran, bagi gaji bersih selama setahun dengan 365 hari.

Kemudian, buat pengeluaran tetap bulanan dan tagihan, lalu kurangi dengan pendapatan harian.

Lalu monitor pengeluaran dengan memastikannya tetap berada di bawah batas harian.

Ini langkah sederhana yang membantu kita terhindar dari pengeluaran berlebihan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm