Tugu Titik Nol Kilometer Pulau Bangka yang di batas antara Mako Polres Pangkalpinang yang lama dengan GPIB Maranatha Pangkalpinang yang akan diresmikan malam tabun baru.
Tugu Titik Nol Kilometer Pulau Bangka yang di batas antara Mako Polres Pangkalpinang yang lama dengan GPIB Maranatha Pangkalpinang yang akan diresmikan malam tabun baru. ( Bangkapos.com/ Andini Dwi Hasanah)

Tugu Titik Nol Kilometer Pulau Bangka Akan Diresmikan Malam Tahun Baru

30 Desember 2020 09:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Meskipun belum diresmikan, tugu yang menjadi ikon baru di Kota Pangkalpinang ini sudah sering menjadi tempat berfoto oleh masyarakat.

Baca Juga: Kejari Bangka Barat Musnahkan Ratusan Pil Ekstasi dan Sabu-sabu

Hal ini tak mengherankan, sebab Tugu Nol Kilometer yang baru rampung dibangun ini memang berada tepat ditengah pusat Kota Pangkalpinang.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) mengatakan, Tugu Nol Kilometer ini merupakan bukti upaya Kota Pangkalpinang untuk dapat meningkatkan branding kota dengan cara menciptakan tempat-tempat ikonik di Kota Pangkalpinang.

"Yang kita kejar adalah multiflayer effeknya dari semua itu, termasuk tugu nol kilometer ini jadi nanri meski wisatawan berkunjungnya ke pantai Parai dan lain-lain tapi tidak lengkap kalau belim berfoto di tugi kol kilometer pulau Bangka, mah ini lah yang akan menjadi daya tarik kita di Kota Pangkalpinang," kata Molen.

Molen menyebutkan, peresmian tugu Nol Kilometer ini akan dilakukan pada malam tahun baru pukul 00.01 secara sederhana saja.

"Mengingat imbauan pusat jangan sampai ada keramaian, jadi cukup kita aja yang pasti hanya untuk meresmikannya saja ngambil waktu yang pasnya itu," ungkap Molen.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako Pangkalpinang Erwandy menuturkan, pembangunan tugu nol kilometer di Kota Pangkalpinang tersebut menelan anggaran sebesar Rp 193.600.000.

Senada dengan Molen, Erwandy mengatakan, tugu nol akan diresmikan pada pukul 00:01 WIB, Jumat (01/01/2021), tepat dimalam pergantian tahun dengan acara seadanya tanpa peryaan apapun.

"Insyaallah diresmikan pada tanggal 01-01-2021 pada pukul 00.01 WIB. Tidak ada acara khusus hanya diresmikan Walikota sebab mengingat himbauan tidak ada perayaan malam tahun baru. Harapan kita dengan adanya tugu nol kilometer menjadi salah satu Ikon Tematik Kota Pangkalpinang karena tugu nol kilometer menjadi destinasi  baru bagi warga pangkalpinang dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," kata Erwandy kepada Bangkapos.com, Senin (28/12/2020).

Menurutnya, tugu nol kilometer berbentuk koin sendiri tak sembarang namun memiliki makna.

"Koin merupakan koin yang digunakan di Pangkalpinang dimana tulisan arab yang di depan bertuliskan "Haza Falus Pangkalpinang" yang berarti " Ini uang (kongsi) dari Pangkalpinang" sedangkan tulisan Cina di belakang Bing Lang Gong Si (Pin long kong se) yang artinya: berkembang dan maju secara nyata," jelasnya.

Ia menjelaskan, rencana pembangunan tugu titik nol Pulau Bangka itu sudah lama direncanakan namun baru akhir tahun ini terealisasi dibangun.

"Kalau rencananya sudah lama kita pikirkan, tapi baru akhir tahun ini pengerjaanya, kemarin sempat tertunda akibat covid-19. Nanti disana baik wisatawan lokal maupun nasional boleh mengabadikan momennya, kalau belum berselfie dan berfoto ria di sana belum sampai di Pangkalpinang," ungkap Erwandy.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Wali Kota Pangkalpinang akan Resmikan Tugu Titik Nol Kilometer Bangka pada Malam Tahun Baru

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm