Ilustrasi MPASI atau makanan pendamping ASI untuk bayi.
Ilustrasi MPASI atau makanan pendamping ASI untuk bayi. ( PIXABAY/MAPLEHORIZONS)

Berikut 8 Tips Dan Trik Dalam Menyimpan MPASI Agar Aman Dikonsumsi

6 Januari 2021 16:14 WIB

SonoraBangka.id - Makanan Pendamping ASI atau MPASI atau merupakan makanan yang diberikan kepada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Dalam menyiapkan MPASI, agar lebih praktis biasanya ibu sering membuat porsi lebih untuk dimakan dalam beberapa kali jam makan. Alasan itu pula yang membuat ibu harus tau bagaimana cara menyimpan MPASI agar tahan lama dan tetap aman dikonsumsi meski sudah disimpan dalam beberapa waktu. Cara menyimpan MPASI harus tepat karena sama pentingnya dengan ASI bagi anak. Melansir BBC Good Food dan Baby Centre UK, ada beberapa tip dan trik dalam menyimpan MPASI yaitu.

1. Simpan MPASI di dalam kulkas secara terpisah atau berjauhan dari makanan mentah

Di dalam kulkas, tentu ada beragam makanan yang disimpan di dalamnya agar MPASI tetap aman selama disimpan. MPASI dapat disimpan di kulkas pada suhu 0 sampai 5 derajat celcius. Sebaiknya letakkan MPASI di wadah terpisah dari bahan makanan mentah yang dapat mengontaminasi, seperti daging mentah contohnya. Kamu bisa menyimpan daging mentah dalam wadah tertutup di rak bawah sementara MPASI di rak atas. Hal ini bisa mencegah MPASI terkena tetesan sari daging mentah.

2. Segera dinginkan MPASI

Segera dinginkan makanan tersebut secepat mungkin, dalam 1 sampai 2 jam sehabis dimasak jika kamu memasak MPASI dalam jumlah banyak dan berencana menyimpan lebihannya. Cara praktis mendinginkannya bisa dengan memasukkan MPASI ke dalam wadah tertutup. Kemudian siram wadah tersebut di bawah air mengalir. Aduk beberapa kali selama prosesnya agar makanan dingin secara merata.

3. Bagi MPASI ke dalam porsi kecil

Bagi MPASI ke dalam wadah berukuran porsi kecil setelah dingin. Setelahnya simpan di dalam kulkas atau bekukan segera MPASI tersebut untuk masa penyimpanan lebih lama. Jangan lupa untuk memberi label nama makanan dan tanggal penyimpanan pada wadahnya. Sebagian besar MPASI dapat dibekukan hingga 3 bulan.

4. Defrost makanan secara menyeluruh sebelum dimasak

Kamu bisa mengeluarkan MPASI yang sudah dibekukan tersebut kemudian mencairkannya di dalam suhu chiller atau dengan menggunakan microwave saat akan digunakan. Agar cair dengan sempurna, mencairkan MPASI di dalam chiller membutuhkan waktu semalaman.

5. Menjaga kebersihan diri

Selalu cuci tangan sebelum menyiapkan MPASI baik setelah menyentuh makanan mentah, menyentuh tempat sampah, hingga sehabis menyentuh hewan peliharaan. Kebersihan diri ibu sebagai orang yang menangani MPASI juga harus diperhatikan.

6. Menjaga kebersihan peralatan MPASI

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm