Ilustrasi beras dalam mangkuk kayu.
Ilustrasi beras dalam mangkuk kayu. ( SHUTTERSTOCK/ERLY DAMAYANTI)

Berikut 5 Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghilangkan Kutu Pada beras

17 Januari 2021 07:17 WIB

SonoraBangka.id - Menghilangkan kutu harus dilakukan karena kutu yang tidak sengaja tertelan bisa menggangu kesehatan pencernaan. Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu beras tanpa perlu memilah satu per satu kutu dari butiran beras. Berikut cara mengusir kutu beras menurut The Indian Express tanpa perlu memisahkan satu per satu kutu.

1. Daun salam

Daun salam memiliki aroma kuat yang tidak disukai kutu beras. Cara menghilangkan kutu beras secara alami adalah dengan menaruh daun salam ke dalam tempat beras. Caranya, keringkan daun beras di bawah sinar matahari atau di dalam oven. Kemudian, taruh daun beras ke dalam kotak penyimpanan beras.

2. Cengkeh

Seperti daun salam, cengkeh juga memiliki aroma yang tidak disukai kutu. Menaruh cengkeh ke dalam butiran beras juga bisa mengusir kutu. Taruh beberapa cengkeh di mangkuk kecil dan letakkan di tengah-tengah butiran beras. Namun, cara menghilangkan kutu yang satu ini agak berisiko karena bisa mengubah rasa beras. Hal ini juga memudahkanmu mengambil cengkeh saat kutu sudah keluar dari beras. Baca juga: Cara Simpan Beras agar Tidak Berkutu, Biar Awet

3. Bawang putih

Sama halnya dengan cengkeh, bawang putih juga memiliki aroma yang kuat dikhawatirkan bisa mengubah rasa beras. Beberapa siung bawang putih juga bisa mengusir kutu beras secara ampuh. Simpan bawang putih di kantong kain kecil agar penggunaan bawang putih tetap aman.

4. Jemur beras di tempat yang terkena sinar matahari

Kalau kamu enggan untuk memilih satu per satu kutu di dalam beras, tuang beras yang sudah berkutu di atas kertas. Lalu, ratakan beras. Jemur beras di tempat yang terkena sinar matahari. Pastikan disekitar tempat menjemur beras tidak lembab atau pun basah. Jemur beras kurang lebih selama 15 menit atau hingga kutu keluar dari beras.

5. Simpan beras di dalam lemari es

Menyimpan beras di dalam lemari es juga bisa menghindari kutu yang bersarang di butiran beras. Simpan beras yang berkutu di dalam lemari es atau freezer untuk mengusir kutu beras. Simpan selama 3 hari lamannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Hilangkan Kutu Beras dengan Sederhana", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/16/111100175/5-cara-hilangkan-kutu-beras-dengan-sederhana?page=all#page2.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm