Ilustrasi
Ilustrasi ( anekamesinpengemas.com)

Gunakan Blender, Berikut Cara Membuat Tepung Beras Yang Halus Merata

17 Januari 2021 08:20 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu tepung yang rendah gluten adalalah Tepung beras. Biasanya tepung ini digunakan untuk membuat camilan dan kue tradisional Indonesia seperti kue cucur atau bubur sumsum. Dengan alat dan bahan yang sederhana tepung beras bisa dibuat sendiri di rumah. Untuk membuat tepung beras yang halus merata, kamu hanya perlu menggunakan blender. Berikut cara membuat tepung beras dengan blender mengutip laman Instructables.

Cara membuat tepung beras dengan blender

Bahan:

  • 1 cangkir tepung beras putih kualitas bagus
  • Air secukupnya

Cara membuat tepung beras:

  1. Cuci beras sampai bersih dengan air mengalir. Tiriskan. Masukkan beras ke dalam mangkuk berisi air, tutup wadahnya. Rendam selama tiga sampai enam jam.
  2. Tiriskan beras dengan menggunakan saringan halus. Diamkan dalam tirisan kurang lebih selama 10 sampai 15 menit.
  3. Tiriskan kembali sisa air di beras menggunakan tisu dapur. Diamkan selama satu jam. Pastikan beras sudah tidak begitu lembap dan basah sebelum digiling menggunakan blender.
  4. Blender separuh cangkir beras. Masukkan secara bertahap dan aturan kecepatannya. Saat masih berbentuk butiran kasar, gunakan kecepatan rendah. Tambah kecepatan penggiling jika tekstur beras mulai halus. Ulangi proses ini sampai tepung beras benar-benar lembut. Lakukan hal yang sama pada separuh cangkir beras lainnya.
  5. Panaskan wajan dengan api sedang. Masukkan tepung beras ke dalam wajan. Aduk terus hingga tepung beras mulai beruap. Lakukan selama beberapa menit. Tepung beras harus berwarna putih terang, jika mulai berubah warna segera matikan api dan angkat tepung berasnya. Catatan: cara memastikan tingkat kematangan atau teksturnya, pegang tepung dengan jarimu. Tepung beras yang bagus akan terasa kering dan tidak menempel. Ayak tepung beras untuk memisahkan gumpalannya. Jika masih ada yang belum halus, blender kembali kemudian ayak lagi. Tepung beras siap digunakan, dapat juga disimpan dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Tepung Beras dengan Blender", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/16/081200875/cara-membuat-tepung-beras-dengan-blender?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm