Perancang busana Ivan Gunawan saat membuka butik eksklusifnya yang diberinama Ivan Gunawan Prive di Bandung, Jawa barat.
Perancang busana Ivan Gunawan saat membuka butik eksklusifnya yang diberinama Ivan Gunawan Prive di Bandung, Jawa barat. ( Dokumen Ivan Gunawan)

Ivan Gunawan Tak Potong Gaji Pegawai Walaupun Omzet Butik Menurun

20 Januari 2021 09:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Disaat banyak perusahaan yang memotong gaji para pegawainya karena imbas pandemi Covid-19, namun desainer kondang Ivan Gunawan tak melakukan hal tersebut.

Ketika berbincang dengan Diaz Hendropriyono, Ivan Gunawan memilih cara lain agar para pegawainya tetap menerima gaji yang sesuai.

"Aku malah, aku enggak kepengin semua pegawaiku merasakan pandemi ini. Jadi, yang enggak aku kasih uang lembur. Sekarang ini kerja masuk jam 8 pagi pulang jam 5 sore," ujar Ivan Gunawan, dikutip dari kanal YouTube Diaz Hendropriyono, Selasa (19/1/2021).

Pria yang mulai menggeluti dunia fashion sejak tahun 2000-an ini mengakui bahwa omzet penjualan butiknya menurun.


Meskipun omzetnya menurun, Ivan Gunawan tak ingin pegawainya merasakan dampak pandemi dengan memotong gaji mereka.

Selain itu, Ivan Gunawan mengatakan, tidak mungkin menutup butik utama yang memang baru saja dibangunnya. "Pas pandemi, pegawai di butik aku itu ada 50 orang.

Mereka itu khusus jahit pesanan baju pengantin, baju customer, dan segala macam. Mereka yang sudah ikut aku dari 17 tahun yang lalu," ucap Ivan Gunawan.

Oleh karenanya, desainer berusia 39 tahun ini memutuskan untuk meniadakan kerja lembur untuk para pegawainya demi menyiasati pengeluaran.


"Kalau ada lembur, aku bisa nambah Rp 30 sampai 35 juta-an lagi untuk aku bayar," ucapnya. Menyiasati pendapatan yang menurun, Ivan Gunawan akhirnya mencoba menjual mukena premium seharga Rp 8 juta.

"Lalu aku mikir dong orang enggak ada yang pesta, enggak ada yang married. Kita harus ngapain. Jadi, saat awal pandemi aku jualan mukena. Jadi aku jual mukena premium," kata Ivan Gunawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Ivan Gunawan Tak Potong Gaji Pegawai meski Omzet Butik Menurun", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/19/175005566/alasan-ivan-gunawan-tak-potong-gaji-pegawai-meski-omzet-butik-menurun.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm