Ilustrasi daun salam.
Ilustrasi daun salam. ( UNSPLASH/ MONIKA GRABKOWSKA)

Agar Awet, Berikut Cara Menyimpan Daun Salam Untuk Menyedapkan Masakan

22 Januari 2021 18:28 WIB

SonoraBangka.id - Agar daun salam tetap segar saat digunakan untuk memasak ada trik sendiri untuk menyimpan daun salam. Salah satu caranya ialah dengan menyimpan daun salam di dalam kulkas atau justru mengeringkannya.  Melansir laman Leaf.tv dan The Spruce Eats, berikut cara menyimpan daun salam agar tetap awet dan dapat digunakan untuk menyedapkan masakan. 

1. Cuci daun salam segar

Sebelum disimpan, daun salam segar harus dicuci terlebih dulu. Dengan mencuci kamu akan menghilangkan zat kimia yang dapat membuatnya cepat mengering.  Setelah dicuci daun salam harus dikeringkan kembali. Bisa dengan meniriskan lalu menjemurnya, atau dilap menggunakan tisu.  Buanglah daun salam yang sudah mulai menghitam supaya tidak membuat mengoksidasi kesegaran daun lainnya.

2. Simpan daun salam segar di kulkas

Daun salam akan bertahan hingga satu sampai dua minggu dengan menyimpannya di kulkas.  Dengan catatan suhu kulkas tetap stabil.  Daun salam segar dapat disimpan di kulkas. Supaya kesegerannya tidak berkurang taruhlah daun salam dalam plastik zip lock 

3. Bungkus dengan aluminium foil

Kamu juga dapat membungkusnya dengan aluminium foil selain menaruh daun salam di plastik zip lock. Selain menaruh daun salam di plastik zip lock, kamu juga dapat membungkusnya dengan aluminium foil. Pastikan daun salam sudah benar-benar kering sebelum dibungkus agar tidak mudah busuk. Setelah itu barulah simpan daun salam di dalam kulkas. 

4. Keringkan daun salam

Kamu bisa mengeringkan daun salam secara alami dengan meletakkan di ruangan yang kering dan memiliki kelembapan udara rendah.  Pastikan ruangan juga berventilasi supaya daun salam tidak lembap dan membusuk. Tidak dianjurkan pula mengeringkan daun salam di bawah sinar matahari karena dapat membuatnya aroma dan kehilangan aroma serta rasanya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Simpan Daun Salam agar Awet", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/22/102700575/5-cara-simpan-daun-salam-agar-awet?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm