Cara simpan garam masala agar tidak menggumpal
Cara simpan garam masala agar tidak menggumpal ( Dok. Unsplash/Raghavendra V. Konkathi)

Agar Tak Menggumpal, Berikut 5 Cara Tepat Menyimpan Garam Masala

24 Januari 2021 12:16 WIB

SonoraBangka.id - Sering kali, bubuk halus garam masala menggumpal jika terkena udara terlalu lama. Garam masala yang menggumpal bisa kehilangan rasa. Garam masala terbuat dari racikan rempah yang dikeringkan kemudian ditumbuk halus. Ada cara simpan garam masala yang tepat agar tidak mudah menggumpal seperti yang dilansir dari Food NDTV berikut.

1. Simpan garam masala dalam wadah kedap udara

Garam masala yang sering terkena udara bisa menggumpal dan membuat masala kehilangan rasa, aroma, dan warna. Simpan garam masala dalam wadah kedap udara untuk menghindari udara masuk. Gunakan wadah dengan ukuran kecil untuk penggunaan garam masala yang lebih sering. 

2. Letakkan garam masala jauh dari kompor gas

Biasanya banyak orang yang menaruh rak wadah bumbu di sebelah kompor agar mudah diambil sehingga memudahkan dalam memasak. Namun hal ini ternyata justru bisa mempercepat garam masala menggumpal karena panas api kompor bisa meningkatkan kelembapan bumbu. Sebaiknya letakkan rak wadah bumbu menjauh dari kompor gas.

3. Letakkan garam masala menjauh dari wastafel

Jauhkan rak bumbu dari wastafel agar air tidak terciprat ke dalam wadah garam masala. Percikkan air sedikit saja bisa membuat garam masala menggumpal sehingga bisa menguarkan rasa dan aroma. Selalu itu, gunakan sendok bersih dan kering saat menuang garam masala ke dalam masakan. Jangan menaburkan bumbu dari stoples ke dalam panci, karena sisa garam masala bisa bertena uap panas dari panci. 

4. Simpan wadah garam masala di lemari tertutup

Cahaya bisa merusak rasa dari bubuk garam masala. Menyimpan garam masala di area terkena cahaya matahari bukanlah ide yang baik. Sebaiknya simpan di dalam lemari tertutup yang gelap dan sejuk.

5. Simpan garam masala dalam zipper lock

tuang sedikit untuk dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan tuang sisanya di zipper lock jika kamu mendapatkan garam masala dalam jumlah banyak. Tuang sisa garam masala di zipper lock dan taruh di freezer agar garam masala awet hingga bertahun-tahun.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Simpan Garam Masala agar Tidak Menggumpal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/19/161200975/5-cara-simpan-garam-masala-agar-tidak-menggumpal?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm