Pernak Pernik Imlek
Pernak Pernik Imlek ( Capture Youtube: Sonora FM Bangka)

Ini Pernak-Pernik dan Makanan Khas Yang Paling Dicari Jelang Imlek

28 Januari 2021 14:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Perayaan Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Seperti biasa, setiap tahun saat menjelang tahun baru Imlek, maka berbagai ornamen khas Imlek pun mulai terpajang di sejumlah toko.

Biasanya, warga Tionghoa akan menyambut Tahun baru dengan memasang dekorasi pernak-pernik yang unik dan meriah dengan warna merah yang menjadi ciri khas dari perayaan imlek.

"Merah itu terang, karena dengan warna yang cerah-cerah itu lebih identik dengan kebahagian,seperti hari Imlek" ujar Ace ayin pemilik toko Garu Mausan dikutip dari Bangkapos.com, Kamis (28/1/2021).

Ayin mengatakan, berbagai macam jenis pernak-pernik yang banyak diburu pada saat perayaan imlek ini diantaranya amplop angpao  yang merupakan salah satu pernak-pernik yang menjadi favorit dan paling banyak dicari.

Selain amplop, barang lain yang sering dicari adalah hiasan-hiasan dinding seperti tempelan yang menggambarkan shio tertentu, lampion, bunga sakura dan lainnya.

Masing-masing dari pernak-pernik menjadi incaran ini ternyata memiliki makna khusus, seperti:

 

1. Lampion atau Lentera merah

Selain sebagai hiasan, lampion atau lentera merah ini memiliki arti sebagai penerangan hidup bagi warga Tionghoa.

2. Tempelan dan Gantungan

Berbagai tempelan dan gantungan menjadi satu diantaranya yang terdapat di rumah-rumah pada saat imlek. 

Warga Tionghoa memiliki simbol hewan untuk tahun-tahun dalam astrologi penanggalan Imlek.

Adanya tempelan gambar shio tersebut menandakan suatu keberuntungan atau hoki.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm