Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Mata Bintilan: Apa Penyebab, Pencegah, Dan Cara Mengatasinya

5 Februari 2021 07:29 WIB

SonoraBangka.Id - Meski seringkali tak berbahaya, bintitan di mata tentu sangat menganggu. Banyak orang Indonesia beranggapan bintitan merupakan 'karma' karena kita terlalu sering mengintip. Padahal, ada alasan ilmiah mengapa bisa muncul bintit di mata.

Sebenarnya apa penyebab bintitan?

Bintit adalah infeksi pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata. Foliker atau kelenjar air mata bisa mengalamiinfeksi ketika kita menggaruk atau terpapar bakteri di area tersebut.

Bintik biasanya terjadi di tepi luar atau tepat di bawah kelopak mata, yang terlihat seperti jerawat. Bintit di mata biasanya hanya terjadi sekitartiga hari dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Bagaimana cara mencegahnya?

Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa memicu bintit seperti malas membersiahkan riasan wajah atau lupa mencuci tangan saat memakai kontak lensa.

Berikut berbagai cara mencegah bintit:

  • Hapus riasan wajah sebelum tidur agar folikel mata tidak tersumbat.
  • Ganti riasan mata setiap enam bulan untuk menghindari pertumbuhan bakteri.
  • Cuci tangan secara teratur saat menggunakan lensa kontak.
  • Jika Anda memiliki alergi, jangan hindari menggosok mata.

    SumberKOMPAS.com
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm