Ilustrasi bekerja
Ilustrasi bekerja ( CreativaImages )

Kenali "Burnout" karena Kerjaan dan Pencegahannya, Jangan Sepelekan !

9 Februari 2021 09:54 WIB

SonoraBangka.idBurnout adalah kondisi kelelahan fisik atau emosional yang bisa terjadi di tengah rutinitas kerja dan mengganggu produktivitas seseorang.

Ya memang, istilah " burnout" belakangan sering kita dengar.

Menurut Mayo Clinic, burnout bisa melibatkan perasaan kurang dalam pencapaian dan seseorang yang mengalaminya merasa kehilangan identitas pribadi.

Burnout bukanlah diagnosis medis. Beberapa ahli berpendapat bahwa kondisi lain seperti depresi menjadi penyebab di balik sindrom burnout.

Beberapa penelitian menemukan, banyak orang yang mengalami gejala burnout tidak percaya bahwa pekerjaan mereka adalah penyebab utamanya.

Lebih dari sekadar kelelahan biasa, burnout bisa membuat seseorang sulit mengatasi stres dan tanggung jawab yang dihadapinya sehari-hari.

Mereka yang mengalami burnout sering kali merasa tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan dan takut bangun dari tempat tidur setiap paginya.

Mereka bahkan mungkin punya pandangan pesimis terhadap kehidupan dan merasa putus asa.

Burnout tidak bisa hilang dengan sendirinya dan, jika tidak ditangani, dapat menyebabkan penyakit fisik dan psikologis yang serius seperti depresi, penyakit jantung, dan diabetes.

Gejala

Kita mungkin saja sudah mengalami burnout, atau mungkin saja itu bukanlah kondisi yang semengkhawatirkan itu.

Beberapa gejala burnout, seperti dilansir Healthline antara lain:

Kelelahan

Seseorang yang mengalami burnout merasakan fisik dan mentalnya seperti terkuras.

Beberapa gejala fisik yang mungkin menyertai seperti sakit kepala, sakit perut, napsu makan terganggu, atau perubahan pola tidur.

Terisolasi

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm