Ilustrasi kode produksi pada ban mobil, untuk mengetahui usia ban. (GridOto.com)
Ilustrasi kode produksi pada ban mobil, untuk mengetahui usia ban. (GridOto.com) ( kompas.com)

Apakah Ban Mobil Memiliki Garansi?

15 Februari 2021 20:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Ban merupakan komponen penting penunjang keselamatan pada mobil. Selain itu, satu set ban memiliki harga yang lumayan mahal, bisa sampai jutaan rupiah. Dengan begitu, apakah ban memiliki garansi?

Berdasarkan Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI), memang ada garansi pada ban selama lima tahun terhitung sejak masa produksi.

Kode produksi ban sendiri bisa dilihat pada dinding ban, biasanya terdiri dari empat angka.

Dua angka pertama menunjukkan minggu produksi dan dua lagi untuk tahun produksinya. Dengan begitu, apakah pemilik ban bisa mengklaim bila mengalami kerusakan ban?

“ Garansi yang ditanggung produsen ban maksudnya yaitu kalau terjadi akibat dari kesalahan produksi,” kata On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, kepada Kompas.com belum lama ini.

Kesalahan produksi misalnya seperti adanya material asing yang menempel di permukaan ban. Tapi sebenarnya pada saat ban diproduksi sudah melewati berbagai quality check, sehingga sangat jarang ban yang cacat tetap dijual di pasaran.

“Selain itu, jika ban baru dipasang lalu benjol sebelum dipakai, bisa kita cek dulu. Tapi kalau sudah dipakai lalu benjol, itu tidak bisa klaim garansi, karena sudah pasti karena pemakaian,” ucap Zulpata.

Bila kerusakan ban yang disebabkan pemakaian, sudah hampir pasti tidak bisa klaim garansi. Memang ada saja pemilik ban yang mengklaim garansi setelah melihat bannya benjol, nanti diperiksa dengan teliti dan disampaikan penyebabnya ke pemakai.

“Jadi kalau ada benjol karena pemakaian, biasanya kelihatan bekas-bekasnya. Benang yang ada di dinding ban ada yang putus akibat tekanan udara kurang lalu membentur benda keras, jadi saat diisi lagi, jadi benjol,” kata Zulpata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Ban Mobil Punya Garansi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/15/174100715/apakah-ban-mobil-punya-garansi-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm