Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK )

4 Penyebab Kematian pada Penderita Diabetes yang Perlu Diwaspadai

4 Maret 2021 15:32 WIB


SonoraBangka.Id - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah tinggi di atas nilai normal. Untuk diketahui, kisaran kadar gula darah normal pada tubuh, yakni:

  • Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • 2 jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  • Setelah tidak makan (puasa) selama kurang lebih 8 jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur: 100-140 mg/dL 

Apabila didiagnosis mengidap diabetes, seseorang kiranya penting untuk selalu mengontrol kadar gula darahnya. Jika tidak, penderita diabetes berisiko mengalami komplikasi diabetes yang bisa berujung pada kematian.

Berikut ini adalah beberapa komplikasi diabetes yang paling umum, baik untuk diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2 yang dapat menyebabkan konsekuensi fatal:

1. Gula darah terlalu tinggi

Jika diabetes dikelola dengan baik, pasien bisa saja berumur panjang dan hidup sehat. Namun, salah satu ancaman terbesar bagi orang yang memiliki kondisi ini adalah kadar glukosa darah yang tidak terkontrol.

Misalnya, jika kadar glukosa terlalu tinggi, hal itu dapat menyebabkan kematian mendadak. Komplikasi yang dikenal sebagai ketoasidosis diabetik ini lebih sering terjadi pada diabetes tipe 1, suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat membuat insulin sendiri.

Namun, ketoasidosis diabetik juga sering terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol.

Kebanyakan orang dengan diabetes tipe 1 dapat menjaga glukosa darah mereka pada tingkat normal dengan menggunakan pompa insulin atau dengan menyuntikkan insulin secara manual beberapa kali sehari.

Tapi ketoasidosis, masih bisa terjadi dan tanpa pengobatan langsung dengan insulin, bisa berakibat fatal.

Ketoasidosis bisa terjadi ketika orang melewatkan dosis insulin, tetapi juga bisa disebabkan oleh penyakit atau obat-obatan tertentu.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm