Ilustrasi terbangun tengah malam
Ilustrasi terbangun tengah malam ( shutterstock )

Kiat Simpel agar Cepat Tidur Lagi, Jika Kamu Terbangun di Malam Hari !

17 Maret 2021 14:29 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin kamu pernah terbangun di tengah malam, kemudian kesulitan untuk dapat kembali tidur.

Nah, menurut dokter spesialis gangguan tidur, Michelle Drerup, PsyD, apa yang kita alami itu adalah sejenis gejala insomnia.

Gangguan tidur tersebut bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan yang mendasari seperti nyeri kronis, sleep apnea, atau naiknya asam lambung.

Namun, jika gangguan tidur itu bukan karena masalah kesehatan, berikut beberapa kiat yang dapat membantu kita capat cepat tertidur kembali.

1. Berhenti memerhatikan jam

Melihat setiap menit pada jam hanya akan meningkatkan kesusahan kita untuk dapat tertidur kembali karena selalu terjaga.

2. Merilekskan tubuh hingga tertidur

Cobalah untuk melakukan peregangan dari jari kaki ke dahi. Kemudian kencangkan setiap kelompok otot selama lima detik dan merilekskan tubuh hingga tertidur.

3. Bangunlah dari tempat tidur

Dokter Drerup mengatakan, kita dapat memperkirakan berapa lama kita akan terjaga.

Jika kita tidak bisa kembali tidur setelah kira-kira 15-20 menit, maka bangunlah dari tempat tidur dan tinggalkan kamar.

"Jangan menghabiskan waktu di tempat tidur untuk mencoba tidur," kata dia. "Kita mungkin hanya akan khawatir tentang tidak tertidur, dan kemudian belajar mengasosiasikan kamar tidur dengan tidak tidur nyenyak," lanjut Drerup.

4. Temukan aktivitas yang mengundang kantuk 

Baca sesuatu yang bisa membuat kita mengantuk atau mendengarkan musik yang membuat kita lebih rileks.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm