Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

Rekomendasi Garam Untuk Penderita Darah Tinggi

20 Maret 2021 12:45 WIB


SonoraBangka.Id - Garam atau natrium adalah salah satu asupan yang diperlukan tubuh. Tapi, terlalu banyak garam atau natrium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi bagi sebagian orang.

Saat asupan garam terlalu banyak, organ ginjal bisa kewalahan mengontrol garam dan zat ini membanjiri aliran darah.

Sifat alami garam dapat mengikat air. Jika terlalu banyak garam di aliran darah, semakin banyak air yang terikat.

Kondisi ini membuat volume darah meningkat dan memicu tekanan darah ikut meningkat. Tekanan darah selalu berubah kadarnya.

Selain garam, kadar tekanan darah bisa naik turun tergantung tingkat aktivitas, stres, posisi tubuh, rokok, sampai asupan yang dikonsumsi.

Rekomendasi garam untuk penderita darah tinggi

Ahli kesehatan yang tergabung dalam American Heart Association menyarankan orang sehat tidak mengonsumsi lebih dari 2.300 miligram natrium atau setara satu sendok teh garam per hari.

Sedangkan penderita darah tinggi disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 1.500 miligram natrium atau setara antara 5/8 sendok teh garam per hari.

Untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung, orang disarankan hanya mengonsumsi natrium sebanyak 1.000 miligram per hari. 

Sebagai gambaran, berikut perbandingan takaran garam dan natrium:

  • 1/4 sendok teh garam = 575 miligram natrium
  • 1/2 sendok teh garam = 1.150 mg natrium
  • 3/4 sendok teh garam = 1.725 mg natrium
  • 1 sendok teh garam = 2.300 mg natrium

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm