ilustrasi ramadhan
ilustrasi ramadhan ( webneel)

Pemerintah Menetapkan 1 Ramadhan 1442 H Jatuh pada Selasa, 13 April 2021

12 April 2021 21:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Hari ini Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah yang menjadi penanda awal ibadah puasa jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Senin sore ini.

Rapat sidang isbat itu dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
"Tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat, dan kami menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021 atau bertepatan dengan hari Selasa," ujar Menag Yaqut.


Kemenag menyampaikan bahwa penetapan 1 Ramadhan ini dilakukan berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal. Adapun pemantauan hilal dilakukan di 88 pos pengamatan di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.


Yaqut mengungkapkan bahwa dalam pengamatan hilal ini, ada 13 orang yang menyatakan bahwa hilal sudah terlihat. "Kami mendapatkan 13 orang yang di bawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat," ujar dia.

Dengan penetapan ini, mulai Senin malam ini umat Islam di Indonesia sudah dapat melaksanakan shalat tarawih. "Di malam ini sudah bisa melakukan shalat tarawih dan pagi kita makan sahur," kata Yaqut.


Adapun sidang isbat tahun ini dilakukan dengan perpaduan daring (online) dan luring (offline), yang digelar di Kantor Kemenag.

Sidang isbat dihadiri perwakilan dari Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Lalu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag, serta tim hisab dan rukyat Kemenag.

Sejumlah ormas Islam, yaitu NU, Muhammadiyah, Persis, dan Al Washliyah, juga hadir langsung di Kantor Kemenag.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa, 13 April 2021", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/04/12/19070821/breaking-news-pemerintah-tetapkan-1-ramadhan-jatuh-pada-selasa-13-april-2021?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm