The Conjuring 3
The Conjuring 3 ( KOMPAS.com/Rintan Puspita Sari)

Kisah Nyata di Balik The Conjuring: The Devil Made Me Do It

6 Juni 2021 10:49 WIB

SonoraBangka.ID - Baru tayang di bioskop, film The Conjuring: The Devil Made Me Do It mengingatkan pada peristiwa aneh.

Kali ini bukan kasus rumah berhantu, melainkan persidangan Arne Cheyenne Johnson yang mengaku kerasukan setan saat membunuh tuan tanahnya pada tahun 1981.

Dimana untuk pertama kali ada orang Amerika mengaku tidak bersalah atas kejahatan karena telah dirasuki oleh roh jahat.

Kasus ini dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai kasus 'The Devil Made Me Do It', seperti yang digunakan pada judul filmnya. 

Arne Cheyenne Johnson, yang saat itu berusia 19 tahun, didakwa membunuh tuan tanahnya, Alan Bono dengan berdarah dingin pada tahun 1981 ketika memperebutkan pacarnya, Debbie Glatzel, 26.

Tapi bukan Johnson yang membunuh Bono. Pengacaranya mengatakan, iblis memanipulasi Johnson untuk menikam Bono sampai mati dengan pisau berukuran 5 inci atau 12,7 centimeter.

Cerita awal bagaimana Johnson bisa kerasukan dimulai di Brookfield, Conn., ketika David Glatzel yang berusia 12 tahun, adik laki-laki Debbie, mulai mengalami halusinasi yang menakutkan.

"David sering melihat seorang pria dengan mata hitam besar, wajah kurus dengan fitur binatang dan gigi bergerigi, telinga runcing, tanduk dan kuku," kata ibunya, Judy, kepada majalah People menjelang persidangan.

Saat kondisinya memburuk, anak laki-laki itu akan menggeram, mendesis dan. Dia sering berbicara tentang kematian dan penusukan.

Karena ketakutan, keluarga Glatzel meminta bantuan Warrens, pemburu hantu TV populer, yang membawa serta tiga pendeta untuk serangkaian eksorsisme, dan di situ ada kekasih Debbie, Johnson.

Lorraine Warren, yang juga seorang paranormal, mengatakan kepada Hartford Courant, selama dalam salah satu ritual, Johnson tampaknya mengorbankan dirinya untuk membantu menyelamatkan bocah itu.

Permintaannya yang berapi-api berhasil, kata mereka. Johnson kerasukan. Sampai hari ini, saudara laki-laki Debbie dan David, Carl Glatzel, menyatakan, klaim Warrens adalah tipuan untuk menghasilkan uang dengan cepat, dan David menderita penyakit mental sebagai seorang anak.

Dia menggugat Lorraine Warren dan penulis Gerald Brittle pada tahun 2007 ketika pencetakan ulang buku Brittle "The Devil in Connecticut" mengeruk pengalaman traumatis. 

Di hari pembunuhan itu sendiri, 16 Februari 1981, semua biasa-biasa saja, menurut Debbie. Bono (dalam film diberi nama Bruno) mengajak Debbie, Arne, saudara perempuan Arne (Wanda, 15 tahun dan Janice 13 tahun), dan sepupu Debbie 9 tahun Mary keluar untuk makan siang di mana dia minum sedikit anggur.

Setelah sore, Debbie mengajak gadis-gadis itu makan piza hanya untuk segera kembali merasakan ketegangan yang menggelegak.

Bono dikatakan mabuk dan gelisah, dan sebelum Debbie dan Arne bisa melarikan diri lagi dengan gadis-gadis itu, dia meraih sepupu termuda dan tidak membiarkannya pergi. Saat itulah Johnson dengan fatal menikam Bono, mengatakan iblis memaksa tangannya.

Itu dilaporkan sebagai pembunuhan pertama di Brookfield dalam 193 tahun. Dia ditangkap sehari kemudian.

Persidangan adalah kegemparan pada saat itu, meskipun hakim menolak untuk mengizinkan pengacara Johnson Martin Minnella untuk benar-benar menggunakan kerasukan setan sebagai alasan untuk pembelaan tidak bersalah.

Johnson akhirnya dihukum dan dijatuhi hukuman 10 hingga 20 tahun penjara, tetapi dibebaskan setelah hanya lima tahun (1986) mendekam di penjara karena berperilaku baik.

Anehnya, saat di penjara dia menikahi Debbie di tahun 1984, wanita yang adik laki-lakinya diduga pertama kali dirasuki oleh iblis. Kabarnya mereka masih menikah sampai saat ini, hingga akhirnya Debbie meninggal sebelum film ini dirilis karena kanker yang dideritanya. 

Warrens, yang sekarang sudah mati, mengatakan, Johnson yang dibebaskan belajar untuk menaklukkan iblisnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Nyata di Balik The Conjuring: The Devil Made Me Do It, Dimana Arne Johnson Sekarang?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/05/222739266/kisah-nyata-di-balik-the-conjuring-the-devil-made-me-do-it-dimana-arne?page=3.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm