( ist)

Ketua Dekranasda Babel : Ilmu Kepribadian Penting Bagi Pelaku UMKM

24 Juni 2021 09:23 WIB

SonoraBangka.id – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mengatakan Ilmu kepribadian bagi pelaku UMKM penting, karena UMKM adalah sektor yang mendongkrak ekonomi bangsa, penting untuk memahami konsumen baik, tidak hanya dari sisi fisik tapi juga dari sudut psikis.

Perhatian serius diberikan tidak hanya bagaimana cara mengembangkan usaha, memikirkan pemasaran saja, tetapi juga memiliki kepribadian tangguh serta mental tinggi agar produk UMKM bisa bersaing, dipasarkan hingga ke pasar nasional maupun internasional.

"Saya mengingatkan kerapian produk, tidak hanya mengandalkan kualitas produknya saja, tapi juga mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus tetap ketat dijalankan,"ujarnya.

Pemprov Babel sudah sejak tahun lalu memiliki kerjasama dengan OK OCE Indonesia.Melati Erzaldi yang juga sebagai Ketua Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Babel mengapresiasi  Dinas Koperasi UMKM atas pendampingan terhadap UMKM di Babel. Gekraf Babel memiliki 17 sub sekto, salah satunya adalah produk makanan.

"Harapannya melalui berbagai kerja sama dan gerakan-gerakan nasional, pasar ekonomi kreatif lokal Babel tidak hanya ke pasar nasional tetapi juga internasional," ungkap Melati Erzaldi.

Iapun menuturkan ini salah satu strategi Pemprov. Babel bagaimana mengembangkan usaha yang sudah berjalan dan mendorong berwirausaha hingga berdampak langsung pada penekanan angka pengangguran.

"Ketika punya usaha, setidaknya sudah memberikan pekerjaan untuk diri sendiri. Hingga usaha berkembang dan memberi pekerjaan bagi lingkungan," pungkasnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm