( Ist)

Pemprov Babel Canangkan Program Penggemukan Domba

24 Juni 2021 15:44 WIB

SonoraBangka.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) akan melaksanakan program penggemukan ternak domba yang bertujuan untuk meningkatkan Taraf Perekonomian dan Kesejahteraan masyarakat, yang berimbas pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menuturkan bahwa program ini sangat bagus untuk diikuti oleh masyarakat, karena program penggemukan domba prosesnya singkat, dan domba ini disamping dagingnya yang bernilai ekonomis, juga memiliki beberapa keuntungan lainnya seperti kotorannya dan bulunya.

"Dalam penggemukan domba ini, peternak akan membentuk koperasi kelompok peternak yang bermitra dengan Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari, nantinya hasil ternak itu akan diekspor ke negara lain," paparnya belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi mengatakan bahwa penggemukan ternak domba di Babel merupakan hal yang baru, namun saat ini sudah ada investornya sekaligus pembeli domba dari peternak.

"Ini komoditi baru di Babel, tapi sudah ada offtakernya yang berniat untuk mengembangkan domba di Babel. Dengan pola kemitraan saya mengajak para peternak, pemilik pesantren dan yayasan untuk bergabung dengan program ini," ungkap juaidi.

Menurut Juaidi peternakan yang dikembangkan ini orientasinya ekspor dengan negara tujuan di kawasan Timur Tengah, Malaysia, Brunei Darussalam, dan beberapa negara lainnya.

"Para eksportir domba menilai Babel cocok untuk dikembangkan pengemukan domba, dikarenakan daerah kita ini sangat strategis wilayah, ketersediaan bahan baku. Oleh sebab itu mereka akan membangun rumah potong hewan khusus domba di babel sehingga ekspor langsung dari Babel," ujarnya.

Pemprov Babel sangat mendukung program ini karena akan membuka peluang tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat, ekonomi masyarakat bangkit, maka secara otomatis PAD meningkat.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm