Pekan Pelayanan Publik 2021 Stasiun KIPM Pangkalpinang
Pekan Pelayanan Publik 2021 Stasiun KIPM Pangkalpinang ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Stasiun KIPM Pangkalpinang Menggelar Pekan Pelayanan Publik 2021

3 Juli 2021 17:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Kantor Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Pangkalpinang meluncurkan Pekan Pelayanan Publik 2021, pada Kamis (1/7/2021) siang.

Pekan Pelayanan Publik ini digelar sebagai bentuk totalitas pelayanan dan sosialisasi terhadap masyarakat khususnya pengguna jasa karantina ikan dan mutu.

Selain itu, kegiatan yang digelar tiap tahun ini juga menunjukkan bahwa Stasiun KIPM Pangkalpinang benar-benar sepenuhnya turut mendukung kemudahan berusaha di Kota Pangkalpinang.

Kepala Stasiun KIPM Pangkalpinang, M. Darwin Syah Putra mengatakan Pekan Pelayanan Publik ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan dalam rangka Bulan Mutu dan Karantina.

"Seminggu kita melaksanakan Pekan Pelayanan Publik dengan tema yang berbeda-beda. Tujuannya adalah bagaimana kita memberikan nuansa pelayanan yang berbeda dengan tematik tertentu. Contohnya, unsur adat untuk membangkitkan kebanggaan terhadap daerah" jelas Darwin kepada Sonorabangka.id.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan serentak oleh kantor BKIPM di seluruh Indonesia dengan tema yang beragam dan biasanya disertai dengan pemberian souvenir atau penghargaan untuk pelaku usaha sebagai bentuk apresiasi terhadap pengguna jasa.

"Memang dua tahun terakhir ini agak berbeda, karena masih dalam situasi Covid-19, jadi hanya di kantor saja dengan sederhana. Biasanya, kami juga sampai ke Bandara, menyediakan segala macam, ada juga lomba-lomba dan lain-lain," kata Darwin.

Darwin pun mengungkapkan, dengan mengusung tema "Transformasi Digital Pelayanan BKIPM Untuk Kemudahan Berusaha", maka pihaknya terus melakukan inovasi-inovasi pelayanan publik untuk memudahkan masyarakat agar bisa menerima akses karantina dengan cepat, efektif dan efisian.

"Jadi semua sekarang semua sudah mengarah ke digitalisasi, baik itu proses sertifikasi dan sebagainya, sehingga kedepan nanti diharapkan, masyarakat yang dari jauh seperti dari Jebus, Sadai, Pongoh itu bisa mengakses pelayanan karantina tanpa harus datang kesini," terang Darwin.

Darwin menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi untuk masyarakat sekaligus sebagai sarana sosialisasi Stasiun KIPM Pangkalpinang dengan para pengguna jasa.

"Kami juga akan memberikan penghargaan kepada pelaku usaha atau pengguna jasa terbaik, teladan, kemudian juga untuk petugas pelayanan terbaik, sebagai bentuk apreasi," ungkapnya.

Pekan Pelayanan Publik 2021 Stasiun KIPM Pangkalpinang

Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi triger untuk semua pelayanan publik di Bangka Belitung, sehingga bisa memberikan bukti bahwa melayani itu bukanlah hal yang sulit dan bisa lebih dekat dengan masyarakat.

"Ini bagian dari transformasi birokrasi kami, pelayanan publik kami. Bagaimana bisa menjadi lembaga yang transparan, kompeten dan seperti motto yakni "CIKAR" singkatan dari Cerdas, Integritas, Kolaborasi, Afirmasi dan Ramah," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm