Patty Hernandez (38) dan Carlos Hernandez (37) berfoto bersama anak-anaknya di rumahnya di Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat (AS).
Patty Hernandez (38) dan Carlos Hernandez (37) berfoto bersama anak-anaknya di rumahnya di Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat (AS). ( Patty Hernandez via SWNS via Mirror)

Benarkah Makin Banyak Anak, Para Ibu Merasa Kepuasan Pernikahan Turun?

13 Juli 2021 13:23 WIB

SonoraBangka.id - Suatu hubungan rumah tangga akan berubah saat pasangan suami istri memiliki seorang anak.

Dengan menjadi orangtua akan timbul rasa bahagia, namun juga ada perubahan yang berpotensi merugikan, seperti kurangnya perhatian kepada pasangan dan sulitnya memiliki waktu berdua.

Memang, perubahan tidak selalu buruk. Namun, jika memiliki satu anak saja sudah bisa membuat kehidupan berubah, kita bisa berasumsi bahwa makin banyak anak, tantangan akan semakin berat.

Hal itu tercermin dari hasil survei yang menemukan bahwa semakin banyak anak, semakin tidak puas seorang ibu terhadap pernikahannya.

Menurut laporan PsyPost, survei yang dilakukan di 33 negara berbeda itu menunjukkan bahwa kepuasan pernikahan seorang wanita menurun seiring dengan semakin banyaknya anak yang dia lahirkan.

Menariknya lagi, survei ini menunjukkan bahwa menurunnya kepuasan pernikahan hanya terjadi pada ibu, dan tidak dirasakan ayah.

Memang, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak anak terbukti memberikan pernikahan yang lebih memuaskan, sementara yang lain menunjukkan semakin banyak anak yang dimiliki sebuah keluarga, semakin stres sebuah pernikahan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm