Ilustrasi isolasi mandiri
Ilustrasi isolasi mandiri ( freepik)

Bagaimana Kriteria Isoman Bisa Dinyatakan Selesai dan Berapa Lama ?

13 Juli 2021 15:10 WIB

SonoraBangka.id - Isolasi mandiri (isoman) bisa dilakukan oleh individu yang terinfeksi Covid-19 dan hanya mengalami gejala ringan atau tidak memiliki gejala.

Namun, pertanyaan yang masih sering muncul di masyarakat adalah kapan isoman dinyatakan selesai?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik & Infeksi, dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, FINASIM menyebutkan, jika individu yang terkonfirmasi positif bebas gejala dan kondisinya baik sembilan hari setelah munculnya gejala pertama, maka isoman dilakukan 10 hari ditambah tiga hari.

Ini didasarkan pada pedoman yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun, pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memberikan durasi isoman yang sedikit lebih singkat, yakni 10 hari ditambah satu hari sejak gejala pertama muncul.

"Jika pasien baik, sehat, aman sentosa, bebas gejala, bebas komplikasi, kondisinya baik, minimal isolasi 13 hari. Karena dihitung 10 hari ditambah tiga hari bebas gejala."

Demikian diungkapkan oleh Ronald dalam webinar bertajuk "Hoax atau Fakta: Vaksin & Covid-19 Varian Baru" bersama Rumah Sakit Pondok Indah, Senin (12/7/2021).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm