Ilustrasi emas batangan
Ilustrasi emas batangan ( SHUTTERSTOCK)

Yuk Kenali 5 Jenis Aset Safe Haven, Apakah Ada Investasi Emas Online?

23 Agustus 2021 10:26 WIB

SonoraBangka.id - Saat terjadi ketidakpastian ekonomi seperti saat ini, aset-aset safe heaven biasanya menjadi pilihan bagi para investor.

Untuk diketahui, safe haven adalah jenis investasi yang diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan nilainya selama masa gejolak pasar.

Safe haven ini diincar agar aset para investor terhindar dari kerugian saat terjadi krisis keuangan.

Ada sejumlah sekuritas investasi yang dianggap sebagai safe haven.

Apakah investasi emas online termasuk?

Dikutip dari Investopedia, berikut ini 5 sekuritas investasi yang dianggap safe haven.

1. Emas

Selama bertahun-tahun, emas telah dianggap sebagai investasi penyimpan nilai.

Sebagai komoditas fisik, ia tidak dapat dicetak seperti uang, dan nilainya tidak dipengaruhi oleh keputusan suku bunga yang dibuat oleh pemerintah.

Karena emas secara historis mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu, emas berfungsi sebagai bentuk asuransi terhadap peristiwa ekonomi yang merugikan.

Ketika terjadi peristiwa buruk yang bertahan untuk sementara waktu, investor cenderung menumpuk dana mereka ke dalam emas, yang menaikkan harganya karena meningkatnya permintaan.

Juga, ketika ada ancaman inflasi, nilai emas meningkat karena dihargai dalam dolar AS.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm