Warren Buffet
Warren Buffet ( Pixaby)

Ternyata Warren Buffett Tidak Menyukai Investasi Emas, Apa Alasannya?

4 September 2021 13:29 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak alasan di balik orang-orang menyukai investasi emas, mulai dari risiko yang rendah, mudah dicairkan, dan harganya cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Ya , memang hingga saat ini, emas masih menjadi instrumen pilihan banyak orang untuk melakukan investasi.

Meski begitu, investasi emas ternyata tidak disukai oleh investor kawakan Warren Buffett.

Dikutip dari TribunBatam, Warren Buffett pernah menyampaikan ketidaksukaannya terhadap emas dalam pidatonya di Harvard pada tahun 1998.

Buffett mengatakan bahwa tidak ada hal yang bisa diributkan dari emas.

Menurutnya, nilai emas tidak lebih dari kemauan keras kepala kita untuk melindungi nilainya.

Selain itu, Buffett juga menilai bahwa emas tidak mampu untuk menciptakan kekayaan.

Bahkan, dalam surat pemegang saham tahun 2011, ia menyebut bahwa emas itu 'malas' atau 'aset tidak produktif' dan tidak memiliki tempat dalam portofolio investor.

Buffett menyebut orang yang membeli emas hanya memiliki harapan akan ada pembeli lainnya yang akan membayar lebih banyak di masa depan.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa pemilik aset seperti emas "tidak terinspirasi oleh apa yang dapat diproduksi oleh aset itu sendiri, tetapi oleh keyakinan bahwa orang lain akan lebih menginginkannya di masa depan."

Menurut Buffett, emas memiliki dua masalah utama yang tidak bisa diatasi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm